Turki Kembali Bebaskan Mahasiswa Indonesia

Syaiful Iman (baju kota-kotak), mahasiswa RI yang akhirnya dibebaskan pemerintah Turki bersama mahasiswa RI lain di KBRI Ankara.
Sumber :
  • KBRI Ankara

VIVA.co.id – Otoritas Turki membebaskan seorang lagi mahasiswa asal Indonesia bernama Syaiful Iman, pada Kamis, 8 September 2016.

Kronologi Penangkapan Mahasiswa RI di Turki

Wardhana, Duta Besar RI di Ankara dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 10 September 2016, mengatakan bahwa Syaiful dibebaskan setelah KBRI Ankara terus berupaya mencari informasi penangkapannya dari otoritas Turki, sejak hari pertama.

"Kita tahu bahwa yang bersangkutan ditahan karena tidak mengikuti imbauan KBRI untuk meninggalkan fasilitas yang dikelola FETO. Namun demikian, kami tetap melakukan upaya terbaik membebaskannya sejak kali pertama memperoleh informasi penangkapan tersebut. Setiap hari saya komunikasi dengan Menlu dan beliau selalu ingatkan hal itu," kata Wardhana.

Lagi, Satu WNI Ditahan Pemerintah Turki

Syaiful adalah mahasiswa pada Middle East Technical University, Ankara. Ia ditangkap pada tanggal 26 Agustus di sebuah rumah yang dikelola oleh yayasan berkaitan dengan FETO, yang sudah lama dipantau oleh Otoritas Turki.

Dikatakan Wardhana, Syaiful saat ini berada di Wisma Duta Besar RI di Ankara bersama sekitar 40 mahasiswa lainnya yang ditampung sementara waktu. (ase)

Begini Nasib 2 Mahasiswi Indonesia Setelah Dibebaskan Turki
Kembalinya dua mahasiswa yang sempat ditahan di Mesir

KBRI Kairo Minta Pemerintah Setop Kirim Mahasiswa ke Mesir

Banyak mahasiwa asal Indonesia yang dideportasi.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2017