TUTUP
TUTUP
DUNIA

Turki Kembali Bebaskan Mahasiswa Indonesia

Pembebasan dilakukan setelah KBRI terus melakukan lobi.
Turki Kembali Bebaskan Mahasiswa Indonesia
Syaiful Iman (baju kota-kotak), mahasiswa RI yang akhirnya dibebaskan pemerintah Turki bersama mahasiswa RI lain di KBRI Ankara. (KBRI Ankara)

VIVA.co.id – Otoritas Turki membebaskan seorang lagi mahasiswa asal Indonesia bernama Syaiful Iman, pada Kamis, 8 September 2016.

Wardhana, Duta Besar RI di Ankara dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 10 September 2016, mengatakan bahwa Syaiful dibebaskan setelah KBRI Ankara terus berupaya mencari informasi penangkapannya dari otoritas Turki, sejak hari pertama.

"Kita tahu bahwa yang bersangkutan ditahan karena tidak mengikuti imbauan KBRI untuk meninggalkan fasilitas yang dikelola FETO. Namun demikian, kami tetap melakukan upaya terbaik membebaskannya sejak kali pertama memperoleh informasi penangkapan tersebut. Setiap hari saya komunikasi dengan Menlu dan beliau selalu ingatkan hal itu," kata Wardhana.

Syaiful adalah mahasiswa pada Middle East Technical University, Ankara. Ia ditangkap pada tanggal 26 Agustus di sebuah rumah yang dikelola oleh yayasan berkaitan dengan FETO, yang sudah lama dipantau oleh Otoritas Turki.

Dikatakan Wardhana, Syaiful saat ini berada di Wisma Duta Besar RI di Ankara bersama sekitar 40 mahasiswa lainnya yang ditampung sementara waktu. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP