TUTUP
TUTUP
DUNIA

Dewan Keamanan PBB Siapkan Sanksi Baru untuk Korut

Sebagai dampak dari uji coba nuklir kelima.
Dewan Keamanan PBB Siapkan Sanksi Baru untuk Korut
Rudal Korut (REUTERS/KCNA)

VIVA.co.id – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa sepakat untuk memulai penyusunan sanksi terbaru terhadap Korea Utara, pascauji coba nuklir kelima dan terbesar yang diluncurkan beberapa hari lalu.

Keputusan ini diambil pada pertemuan mendesak yang dihadiri 15 anggota dewan keamanan.

Sebelumnya, Korea Selatan menyebut  tindakan Kim Jong-un merupakan sebuah tindakan maniak, sementara China secara tegas menentang uji coba nuklir dan Jepang pun menyampaikan protes tegas.

Sebelum rapat Dewan Keamanan PBB dilaksanakan, Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, mengatakan  Korea Utara kini semakin berupaya untuk menyempurnakan persenjataan nuklirnya. Hal ini tentu mengancam stabilitas di kawasan.

"Kami akan mengambil langkah yang signifikan, termasuk sanksi baru kepada Korea Utara, agar mereka tahu bahwa ada konsekuensi tegas atas tindakan yang melanggar hukum," kata Power seperti dikutip situs BBC, Minggu, 11 September 2016.

Korea Utara sebelumnya telah dijatuhi lima sanksi PBB sejak uji coba nuklir pertama yang dilakukan pada 2006 silam. Namun, perundingan yang melibatkan berbagai negara maupun kekuatan regional ternyata gagal untuk mengekang program nuklir Korea Utara.

Dalam beberapa bulan terakhir Korea Utara juga telah melakukan serangkaian peluncuran rudal balistik dan acap kali menyebut bahwa tujuannya adalah untuk memukul target AS.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP