TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Korsel Yakin Korut Siap Lakukan Uji Coba Nuklir Lagi

Korut terus melengkapi persiapan untuk melakukan tes sewaktu-waktu.
Korsel Yakin Korut Siap Lakukan Uji Coba Nuklir Lagi
Pemimpin Korut Kim Jong Un bersama para perwira militer (Reuters)

VIVA.co.id – Selang beberapa hari setelah peluncuran tes nuklir Korea Utara, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengabarkan Korea Utara siap melakukan tes nuklir lagi kapan saja.

Pada Jumat, 9 September 2016, Pyongyang dikabarkan melakukan tes nuklir kelima dengan kekuatan besar. Menurut Korea Selatan, Korut terus meningkatkan kemampuannya untuk menempatkan negara tersebut menjadi terdepan dalam hal misil balistik. Negara yang dipimpin Kim Jong Un itu juga terus meningkatkan ancaman dan kekhawatiran pesaingnya, sekaligus menunjukkan PBB seolah tak memiliki kekuatan untuk menghentikan mereka.

"Penilaian oleh Korea Selatan dan intelijen AS adalah Utara selalu siap untuk melakuan tes di kawasan Punggye-ri," ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Moon Sang-gyun saat berbicara dalam forum pertemuan dengan wartawan, seperti dikutip Reuters, 12 September 2016.

Punggye-ri, pantai yang berlokasi di timur laut Korut, disebut sebagai area dimana Korut meluncurkan uji coba nuklirnya yang kelima. "Korea Utara memiliki terowongan dimana mereka bisa memerintahkan tes nuklir kapan saja," ujar Moon.

Kantor berita pemerintah Korea Selatan Yonhap, belum lama ini melaporkan bahwa Korut terus melengkapi  persiapan untuk melakukan tes nuklir yang lain. Mengutip dari sumber di Pemerintah Korea Selatan mengatakan, Korut bisa saja menggunakan terowongan yang sudah tak pernah dipakai, kapan saja mereka mau gunakan. Namun tak ada elaborasi lebih lanjut, apa saja aktifitas yang dilakukan di Punggye-ri.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP