Dua Bomber AS Terbang di Langit Korsel

Pesawat mata-mata AS, U2, terbang dari Lanud Osan, Korea Selatan.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id – Dua pesawat pembom strategis supersonik Amerika Serikat, B-1 Lancer, terbang di atas langit Korea Selatan pada Selasa pagi sebagai bentuk unjuk kekuatan serta solidaritas bersama sekutunya di tengah peningkatan ketegangan pascauji coba nuklir Korea Utara kelima.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Dua bomber tersebut terbang rendah di atas Pangkalan Udara Osan di Korea Selatan, atau 77 kilometer (48 mil) dari perbatasan Zona Demiliterisasi dengan Korea Utara dan 40 kilometer (25 mil) dari ibu kota Korea Selatan, Seoul.

Sebelumnya, B-1 Lancer dijadwalkan akan tiba di Korea Selatan pada Senin kemarin dari pangkalan militer AS di Guam. Namun tertunda akibar cuaca buruk.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Bomber tersebut dikawal jet tempur Korea Selatan dan AS yang melakukan terbang rendah di langit Osan.

Penerbangan ini disaksikan oleh 28.500 personel AS yang ditempatkan di Korea Selatan, bersama Komandan AS di Korea Selatan, Jenderal Vincent K. Brooks serta Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Jenderal Lee Sun-jin.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

"Demonstrasi ini memberikan salah satu contoh dari berbagai kemampuan militer kedua negara yang tergabung dalam aliansi untuk menyokong dan memperkuat solidaritas," kata Brooks, seperti dikutip situs Reuters, Selasa, 13 September 2016.

Pada Senin kemarin, Korea Selatan mengatakan kalau "saudaranya" itu tengah mempersiapkan uji coba nuklir tambahan dengan ledakan yang lebih dahsyat.

Tes ini sebagai jawaban atas sanksi tambahan yang akan diberikan Dewan Keamanan PBB kepada negeri Kim Jong-un itu.

Sedangkan, para utusan nuklir Korea Selatan dan Amerika Serikat bertemu di Seoul hari ini untuk membahas tanggapan mereka terhadap uji coba nuklir Korea Utara yang semakin mengkhawatirkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya