TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Kabah Berganti Baju Baru

Kainnya terbuat dari sutra 100 persen dan disulam dengan benang emas.
Kabah Berganti Baju Baru
Penggantian kiswa, kain penutup Kabah. (Saudi Gazette)

VIVA.co.id – Setahun sekali, setiap musim haji tiba, Kabah berganti baju. Setiap pembuatannya selalu dilakukan dengan hati-hati dengan bahan kualitas terbaik.

Rumah suci umat Islam yang telah ada sejak zaman Nabi Ibrahim itu kemarin mendapat baju baru. Kiswa atau kain penutup kabah itu sudah diganti pada Minggu, 11 September 2016.

Kiswa baru untuk Kabah selalu digantikan setiap hari Arafah. Pada saat pelaksanaan wukuf di Arafah, masjid besar umat Islam itu kosong, karena semua jemaah haji berkumpul di Arafah. Biasanya, kosongnya area sekitar kabah itu dimanfaatkan oleh penduduk Mekah, terutama kaum perempuan, untuk seharian beribadah di sekitar Kabah.

Pembuatan dan penggantian Kiswa itu melibatkan 86 teknisi dan penenun. Bahan kiswa itu dibuat dari kain sutra yang disulam dengan benang berwarna emas. Biaya pembuatan kiswa tahun ini mencapai 22 juta real. Kiswa dibuat secara khusus di sebuah pabrik di Mekah, yang memiliki total karyawan sebanyak 240 orang, termasuk teknisi, penyulam, dan administrasi.

Perlembar kiswa berukuran lebar 95 sentimeter dan panjang sembilan meter. Dibutuhkan sekitar 47 helai kain yang disambungkan menjadi satu untuk menutupi seluruh sudut Kabah.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP