Kabah Berganti Baju Baru

Penggantian kiswah, kain penutup Ka'bah/ ilustrasi.
Sumber :
  • Saudi Gazette

VIVA.co.id – Setahun sekali, setiap musim haji tiba, Kabah berganti baju. Setiap pembuatannya selalu dilakukan dengan hati-hati dengan bahan kualitas terbaik.

7 Lantunan Merdu Imam Masjidil Haram Memandu Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Rumah suci umat Islam yang telah ada sejak zaman Nabi Ibrahim itu kemarin mendapat baju baru. Kiswa atau kain penutup kabah itu sudah diganti pada Minggu, 11 September 2016.

Kiswa baru untuk Kabah selalu digantikan setiap hari Arafah. Pada saat pelaksanaan wukuf di Arafah, masjid besar umat Islam itu kosong, karena semua jemaah haji berkumpul di Arafah. Biasanya, kosongnya area sekitar kabah itu dimanfaatkan oleh penduduk Mekah, terutama kaum perempuan, untuk seharian beribadah di sekitar Kabah.

Jarang Terjadi, Detik-detik Imam Masjidil Haram Sujud Sahwi Gegara Lupa Rakaat Tarawih

Pembuatan dan penggantian Kiswa itu melibatkan 86 teknisi dan penenun. Bahan kiswa itu dibuat dari kain sutra yang disulam dengan benang berwarna emas. Biaya pembuatan kiswa tahun ini mencapai 22 juta real. Kiswa dibuat secara khusus di sebuah pabrik di Mekah, yang memiliki total karyawan sebanyak 240 orang, termasuk teknisi, penyulam, dan administrasi.

Perlembar kiswa berukuran lebar 95 sentimeter dan panjang sembilan meter. Dibutuhkan sekitar 47 helai kain yang disambungkan menjadi satu untuk menutupi seluruh sudut Kabah.

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia
Film Kiblat

Dilarang Tayang, Ini Sinopsis dan Daftar Pemain Film Kiblat

Film horor berjudul Kiblat yang diproduksi oleh rumah produksi Leo Pictures sedang hangat diperbincangkan lantaran dilarang tayang oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024