TUTUP
TUTUP
DUNIA

Duterte Izinkan Jokowi Ledakkan Kapal Pembajak

"Kalau ada hiu, lemparkan saja mereka ke hiu."
Duterte Izinkan Jokowi Ledakkan Kapal Pembajak
Suasana santai perbincangan Jokowi dan Duterte di Istana Negara, 9/9/2016. (Reuters/Darren Whiteside)

VIVA.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengakui, pembajakan adalah masalah besar. Itu sebabnya saat berkunjung ke Indonesia ia mengatakan pada Jokowi, pasukan Indonesia boleh mengejar bajak laut dan memasuki perairan Filipina.

Duterte mengatakan, ia menyesal karena pengiriman batu bara untuk pembangkit-pembngkit listrik di Filipina jadi terhambat karena aksi pembajakan.

"Jika pasukan Indonesia mengejar bajak laut dan memasuki perairan Filipina, mereka boleh terus maju dan menembaknya," ujar Duterte. "Itu kata-kata saya kepada Widodo. Saya bilang, ledakkan saja mereka," ujarnya menambahkan.

"Tapi jika ada ikan-ikan hiu, lemparkan saja mereka ke ikan hiu," kata Duterte, seperti dikutip dari Voice of America, 13 September 2016.

Sejak Mei lalu, Indonesia, Malaysia dan Filipina sepakat untuk melakukan patroli bersama. Saat mengunjungi Jakarta pada Jumat, 9 September 2016, Duterte juga membicarakan soal pembajakan dan isu keamanan antara Indonesia dan Filipina. Hingga saat ini masih ada sembilan WNI yang berada dalam penyanderaan kelompok militan Abus Sayyaf di Filipina selatan.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP