TUTUP
TUTUP
DUNIA

AS Segera Siapkan Bantuan Besar untuk Israel

Ini adalah bantuan militer terbesar yang pernah diberikan AS.
AS Segera Siapkan Bantuan Besar untuk Israel
Presiden Barack Obama dan PM Israel Benjamin Netanyahu (REUTERS/Larry Downing)

VIVA.co.id –  Pemerintah Amerika Serikat dan Israel sedang menjalani pembicaraan tahap akhir soal pengiriman bantuan militer dari AS untuk Israel. Nilai bantuan diperkirakan mencapai US$38 miliar dan akan diberikan selama sepuluh tahun.

Jika perjanjian ini disepakati, maka angka ini akan menjadi bantuan militer AS yang terbesar yang pernah diberikan. Namun Amerika meminta Israel membuat sejumlah konsesi agar bantuan tersebut bisa segera disetujui.

Perjanjian ini akan menggantikan paket 10 tahunan sebelumnya yang akan berakhir pada 2018. Setelah 10 bulan perundingan, perjanjian itu akan ditandatangani pada Rabu, 14 September 2016.

Bantuan yang akan diberikan antara lain berupa dana US$500 juta per tahun untuk program pertahanan rudal. "Ini merupakan kesepakatan terbesar tentang bantuan militer bilateral dalam sejarah AS," kata Departemen Luar Negeri AS seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 14 September 2016.

Perjanjian dengan Israel ini tetap disetujui, meski pemerintahan Obama marah atas sikap Israel yang terus membangun pemukiman di wilayah pendudukan.

Obama menandatangani perjanjian ini hanya beberapa bulan sebelum masa jabatannya berakhir, sebagai bagian penting dari warisan kekuasaannya. Selama ini, kritikus dari Partai Republik selalu menuduh Obama tak cukup peduli pada keamanan Israel.

Israel telah lama menjadi penerima bantuan dari AS. Bantuan disepakati AS sebagai upaya untuk melindungi Israel dari serangan dan ancaman Iran, serta untuk meredakan ketegangan dengan Palestina.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP