Harapan Uni Eropa pada ASEAN

Para pejabat Asia dan Eropa berfoto bersama dengan pose Salam Khas ASEAN.
Sumber :
  • EU-ASEAN 2016

VIVA.co.id – Uni Eropa hari ini meluncurkan edisi perdana dari EU-ASEAN Blue Book, yang memberikan gambaran mengenai kerjasama pembangunan antara dua organisasi internasional ini.

Uni Eropa Diminta Menanggung Biaya Pengungsi Ukraina

Kepala Kerjasama Delegasi Uni Eropa, Franck Viault menyampaikan, berbagai pencapaian dan peningkatan kerjasama lebih lanjut akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan.

"Selain memiliki kerjasama bilateral Uni Eropa dengan anggota ASEAN, UE juga secara signifikan terus meningkatkan pendanaan untuk mendukung integrasi regional ASEAN," kata Viault dalam peluncuran Blue Book di Sekretariat ASEAN, Rabu, 14 September 2016.

Ukraina Minta Masuk Uni Eropa, Slovenia Dukung Diproses Cepat

Beberapa program substansial yang telah mendongkrak hubungan strategis Uni Eropa dan ASEAN adalah melalui kerjasama pembangunan, politik dan keamanan, kerjasama perekonomian, sosial dan budaya serta saling mendukung dalam diskusi internasional.

"Melalui sektor perdagangan misalnya, kami terus berupaya mengembangkan ASEAN sebagai pasar tunggal yang berfokus pada kualitas produk dan memfasilitasi perdagangan. Bantuan ini juga termasuk harmonisasi standar transportasi perdagangan dan prosedur pabean," kata Viault.

5 Hari Rusia Menggempur, Ukraina Melawan dengan Sengit Tangguh

Selain itu dalam sektor sosial dan budaya, Uni Eropa turut berperan serta dalam hubungan people-to-people, dalam kaitannya untuk memperdalam kemitraan Uni Eropa dan ASEAN. Melalui konteks ini, dukungan Uni Eropa adalah melalui program beasiswa pendidikan tinggi dan mendukung berbagai penelitian untuk mendukung pengembangan.

"Kami meyakini bahwa kerjasama ini akan terus meningkat secara bertahap. UE juga berupaya untuk mengeksploitasi kepentingan bersama dan membuat kerjasama yang dinamis, termasuk dalam rangka kerjasama forum regional ASEAN," ujarnya.

Ladang minyak Exxon di di Pulau Sakhalin, Rusia.

UE Setop Pasokan, Rusia: Harga Minyak Bakal di Atas US$300 Per Barel

Uni Eropa akan membutuhkan lebih dari satu tahun untuk mengganti volume minyak yang diterimanya dari Rusia.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022