TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Janji Obama di Depan Suu Kyi: Mau Cabut Semua Sanksi

'Amerika siap cabut sanksi setelah beberapa dekade diberlakukan.'
Janji Obama di Depan Suu Kyi: Mau Cabut Semua Sanksi
Presiden AS Barack Obama bertemu Aung San Suu Kyi (REUTERS/Jason Reed )

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, berjanji untuk menghapus semua sanksi terhadap Myanmar. Pengumuman ini dikeluarkan usai pertemuan Obama dengan Penasehat Negara merangkap Menteri Luar Negeri Myanmar, Aung San Suu Kyi.

"Atas berbagai kemajuan yang diraih Myanmar dalam beberapa bulan terakhir, Amerika siap mencabut sanksi setelah beberapa dekade diberlakukan," kata Obama seperti dilansir dari situs New York Times, Kamis, 15 September 2016.

Ia juga menilai ini adalah langkah yang benar untuk dilakukan, dan memastikan bahwa rakyat Myanmar melihat manfaat dari pemerintahan baru Suu Kyi.

Suu Kyi sendiri menyambut baik keputusan Obama tersebut. Hubungan AS dan Myanmar dianggapnya telah mengalami perbaikan setelah pemerintah junta mundur dan negara ini mulai berdemokrasi.

"Waktunya telah tiba untuk menghapus seluruh sanksi yang merugikan perekonomian kami," ujarnya.

Kendati demikian, kebijakan ini justru dikritik oleh beberapa kelompok hak asasi manusia, yang mengkhawatirkan bahwa pencabutan sanksi terlalu dini.

Pencabutan sanksi tersebut dianggap tak sebanding dengan lambannya perubahan politik di Myanmar, di mana militer masih menguasai sebagian besar kursi parlemen dan beberapa posisi penting di pemerintahan.

Akan tetapi, masih belum jelas kapan tepatnya sanksi yang tersisa akan diangkat oleh Paman Sam.

Sebelumnya dalam surat yang diberikan ke Kongres, Obama mengatakan akan kembali menerapkan pembebasan tarif bea AS bagi negara-negara miskin, termasuk Myanmar.

Sejak dua dekade lalu, kebijakan ini dihentikan lantaran pemerintah Junta Militer Myanmar melakukan pelanggaran HAM.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP