TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Dubes Inggris untuk Arab Bersyukur Bisa Naik Haji

Simon Collis dan istri tunaikan Rukun Islam ke-5 itu tahun ini.
Dubes Inggris untuk Arab Bersyukur Bisa Naik Haji
Kota Suci Mekah. (REUTERS/Ahmed Jadallah)

VIVA.co.id – Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi, Simon Collis, dan istrinya, Huda al-Mujarkech, menunaikan ibadah haji tahun ini setelah memutuskan masuk Islam. Collis merupakan diplomat senior Inggris pertama yang menjadi mualaf dan menunaikan ibadah haji, yang membuatnya banyak mendapatkan ucapan selamat dari berbagai kalangan.

Sementara Mujarkech, istri Collis, adalah seorang perempuan Suriah. Collis telah masuk Islam mengikuti istrinya dan menyempurnakan ibadahnya dengan mengajak istri untuk naik haji.

Foto-foto Collis diunggah di media sosial yang mendapat sambutan positif, antara lain penulis dan pegiat wanita Arab Saudi, Fawziah Albakr, yang menulis dalam bahasa Arab.

"Duta besar Inggris untuk Arab Saudi menjalani ibadah haji setelah masuk Islam. Simon Collis dengan istrinya Huda di Mekah. Alhamdulillah," kata Albakr, melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip situs BBC, Jumat, 16 September 2016.

Melalui Twitter-nya pula, Collis mengucapkan terima kasih kepada para pemberi selamat, dan mengungkapkan dia telah masuk Islam sesaat sebelum menikahi istrinya.

Ia juga menulis, "Pendeknya, saya masuk Islam tahun 2011 setelah menghabiskan 30 tahun di lingkungan masyarakat Muslim dan sebelum menikahi Huda," tutur Collis.

Diplomat Inggris tersebut telah menjabat sebagai Duta Besar untuk Arab Saudi sejak 2015. Sebelumnya, Collis bertugas untuk Kementerian Luar Negeri Inggris, termasuk sebagai Duta Besar untuk Irak, Suriah dan Qatar.

 


 

Pada 2012, ia diminta meninggalkan Suriah karena alasan keamanan oleh Kemenlu Inggris, dan yang tak disangka-sangka, Collis berani dan terbuka mengkritik rezim al-Assad atas perannya dalam perang saudara.

Collis juga menjabat sebagai Konsulat Jenderal di Dubai dan Basra, serta pernah bertugas di Tunis, New Delhi, dan Amman.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP