Niat Serang ISIS, AS Malah Bombardir Pasukan Suriah

warga suriah menjadi korban serangan rusia
Sumber :
  • REUTERS/Khalil Ashawi

VIVA.co.id – Pasukan sekutu pimpinan Amerika Serikat melakukan penyerangan dengan membombardir sebuah pangkalan militer di Suriah. Atas serangan yang dilancarkan Sabtu 17 September 2016 itu, dilaporkan 80 tentara Suriah gugur.

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Dilansir Reuters, Minggu, 18 September 2016, Amerika dan sekutunya melakukan serangan melalui udara di sekitar Bandara Deir Ezzor. The Syrian Observatory for Human Rights, sebuah kelompok pemantau yang berbasis di Inggris juga membenarkan serangan itu.

Kelompok pemantau itu juga menyampaikan bila di saat bersamaan pesawat jet Rusia juga dikabarkan menjatuhkan bom di lokasi yang sama.

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Sementara itu militer Suriah seperti dikutip USA Today menyatakan, pesawat pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat telah menyerang sebuah pangkalan militer mereka. Serangan itu dikatakan militer Suriah sebagai sesuatu yang serius dan sebuah agresi terang-terangan.

Mereka pun menuding AS dan sekutu sebenarnya tidak serius memerangi terorisme. Sebab, dengan serangan itu, tentu akan membuka peluang bagi ISIS untuk menyerang dan mengambil kendali wilayah tersebut.

5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

Dari lain pihak, Komando Sentral AS dalam keterangannya berdalih, jika serangan itu dilakukan untuk membombardir ISIS. Namun ternyata serangan meleset dan justru menghantam militer Suriah. Mereka berhenti melakukan penyerangan setelah Rusia memberitahu jika serangan itu mengenai militer Suriah.

"Serangan udara dihentikan secepatnya setelah pejabat pasukan koalisi diberitahu oleh pejabat Rusia bahwa kemungkinan personel dan kendaraan yang menjadi target serangan adalah bagian dari militer Suriah," bunyi pernyataan Komando Sentral AS.

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya