TUTUP
TUTUP
DUNIA

Korsel Lempar Pujian untuk RI soal Kecaman Nuklir Korut

Pesan Indonesia cukup jelas untuk menghentikan program nuklir Korut.
Korsel Lempar Pujian untuk RI soal Kecaman Nuklir Korut
Dubes Korea Selatan untuk Indonesia, Cho Tai-young. (VIVA.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Tai-young sangat mengapresiasi pemerintah Indonesia yang mengecam program nuklir Korea Utara. Menurutnya, sikap ini merupakan salah satu bukti nyata yang bisa mendorong penghentian nuklir negara Kim Jong-un itu.

"Korea Selatan dan komunitas internasional sangat mengapresiasi sikap pemerintah Indonesia. Karena, Indonesia mengirimkan pesan yang sangat jelas bagi mereka (Korea Utara)," kata Dubes Cho, di Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta, Selasa, 20 September 2016.

Awal September ini, pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinannya atas uji coba nuklir kelima dan terbesar untuk Korea Utara.

Indonesia menilai bahwa tindakan ini tidak sejalan dengan semangat perdamaian, serta stabilitas di kawasan dan dunia.

Uji coba nuklir dinilai bertentangan dengan Comprehensive Test Ban Treaty (CTBT) dan semangat yang terkandung dalam perjanjian tersebut.

Selain itu juga pelanggaran atas kewajiban Republik Demokratik Rakyat Korea berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan PBB No.1718 (2006), 1874 (2009), 2087 (2013), dan 2270 (2016).

"Melalui sikap ini, Indonesia sebagai anggota PBB menunjukkan implementasinya terhadap Resolusi Dewan Keamanan PBB secara jelas," ujar Dubes Choi.

Pihak Korea Utara mengklaim bahwa uji coba nuklir awal bulan ini sebagai sebuah percobaan atas pembangunan hulu ledak nuklir yang baru. Ini artinya, senjata tersebut kini kapabel diposisikan pada rudal balistik.

Sejumlah analis pun menyampaikan kekhawatiran mereka, karena peluncuran ini dinilai menjadi sebuah pengumuman bahwa saat ini Korea Utara memiliki senjata nuklir yang bisa digunakan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP