Bawa Jemaah Haji, Pesawat Saudi Mengaku Dibajak di Filipina

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pesawat komersial Arab Saudi bernomor penerbangan SVA 872 mendarat di Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila, Filipina, pada Selasa sore, 20 September 2016.

Pesawat yang Ditumpangi Habib Rizieq Mendarat di Bandara Soetta

Melansir situs Alarabiya, pesawat yang membawa 300 penumpang dari Jeddah ke Manila ini parkir di tempat terpisah dari pesawat-pesawat lainnya.

Dalam pernyataannya, Otoritas Pengelola Bandara Internasional Manila (MIAA) masih mencari tahu kebenaran atas laporan bahwa pesawat tersebut dibajak.

Alas Kaki Penting Selama di Madinah, Ini Alasannya

"Atas laporan itu, kami memutuskan untuk mengisolasi pesawat SVA 872. Ini sesuai aturan keamanan penerbangan," bunyi pernyataan resmi MIAA.

Sementara itu, pilot pesawat Arab Saudi yang baru saja membawa jemaan haji, sebelumnya telah menghubungi petugas pengawas menara Bandara Ninoy Aquino bahwa pesawat dalam ancaman.

Kemenag Teken MoU Maskapai Penerbangan Haji 2018

Namun, menurut awak pesawat, terjadi kekeliruan dalam panggilan darurat. Menurut jadwal, pesawat itu sudah meninggalkan bandara pukul 13.00 waktu setempat.

"Saat ini, masih kami selidiki. Apakah pesawat itu dibajak, atau tidak. Kami memberlakukan standar operasional prosedur dalam situasi darurat seperti ini," kata pihak MIAA.

Polisi Nasional Filipina, aparat keamanan bandara, serta pejabat eksekutif maskapai penerbangan Arab Saudi sudah berada di Bandara Ninoy Aquino. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya