Tiga WNI Sandera Abu Sayyaf Kini Dirawat Tim KBRI Manila

Tiga WNI asal NTT yang dibebaskan kelompok bersenjata Abu Sayyaf setelah disandera sejak 9 Juli 2016. Masih ada dua WNI yang menjadi sandera.
Sumber :
  • REUTERS/Nickie Butlangan

VIVA.co.id – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, Filipina, memastikan bahwa tiga sandera warga negara Indonesia (WNI) asal Bulukumba, Nusa Tenggara Timur – yang dilepaskan kelompok penculik Abu Sayyaf – kini dalam keadaan selamat. Mereka bernama Lorence Koten, Theodorus Kopong dan Emanuel.

Front Pembebasan Islam Moro Janji Bantu Bebaskan Sandera

"Puji syukur tiga WNI sudah dibebaskan. Pemerintah Indonesia telah menerima secara resmi ketiganya di Zamboanga, Filipina Selatan. Ketiganya dalam keadaan baik," kata Duta Besar RI untuk Filipina, Johny Lumintang, melalui keterangan pers, Selasa, 20 September 2016.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI telah menyampaikan langsung berita ini kepada keluarga masing-masing di Bulukumba.

Warga Jerman Tewas Dipenggal Kelompok Abu Sayyaf

Mereka lalu menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pemerintah atas upaya yang telah dilakukan.

Sesuai standar prosedur operasional (SOP) pemerintah Indonesia, sebelum dipulangkan kepada keluarga masing-masing, ketiganya akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan post-trauma healing.

Nelayan Indonesia Kembali Diculik Abu Sayyaf

Hal ini memakan waktu yang bergantung dari kondisi psikologis masing-masing. Ketiga WNI ini diketahui diculik oleh Abu Sayyaf dari kapal berbendera ikan Malaysia di perairan Lahad Datu, Sabah, Malaysia, pada 9 Juli lalu.

Dengan pembebasan ini, masih ada lima WNI lainnya di tangan penyandera di Filipina Selatan. Pemerintah Indonesia akan melanjutkan upaya pembebasan kelima WNI tersebut dengan dukungan pemerintah Filipina.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya