TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

AS dan China Sepakat Kerja Sama Hadapi Korea Utara

China siap merumuskan sanksi dan menegakkan hukum.
AS dan China Sepakat Kerja Sama Hadapi Korea Utara
Presiden Korea Utara Kim Jong Un, saat uji coba roket pengangkut satelit. (KCNA via REUTERS )

VIVA.co.id – Presiden AS, Barack Obama, dan Perdana Menteri China, Li Keqiang, pada Senin, 19 September 2016 menyetujui tindakan lebih lanjut dalam menanggapi aksi Korea Utara yang untuk kelima kalinya meluncurkan tes nuklir.

Diplomat PBB mengatakan, kedua negara tersebut telah memulai diskusi untuk menjatuhkan sanksi sebagai resolusi dalam merespon tes nuklir Korea Utara yang kelima. Namun Beijing tak memberikan pernyataan langsung apakah mereka akan habis-habisan melakukan tindakan untuk melawan Korea Utara.

Obama dan Li bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB di New York. "Kedua pemimpin sama-sama mengutuk aksi Korea Utara, dan berusaha menemukan cara untuk menguatkan koordinasi untuk melakukan denukrilisasi di Semenanjung Korea. Termasuk menyegarkan kerjasama di Dewan Keamanan PBB dan penegakan hukum di Korea Utara," demikian pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih seperti diberitakan oleh Reuters, Selasa, 20 September 2016.

Sejak peluncuran nuklir, China yang selama ini menjadi pendukung diplomasi dan rekan dagang terbesar Korea Utara mulai merenggangkan hubungan. Menteri Luar Negeri China Wang Yi, pekan lalu mengatakan pada sejawatnya dari Jepang, China menentang sanksi sepihak pada Korea Utara, namun akan bekerjasama dengan PBB untuk merumuskan tindakan apa yang akan diberikan pada Korea Utara.

Washington telah menekan Beijing agar melakukan tindakan lebih untuk menekan Korea Utara. AS juga bersedia melakukan negosiasi dengan Korea Utara jika mereka komit mengurangi senjata nuklirnya. Namun Pyongyang menolak permintaan itu.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP