AS dan China Sepakat Kerja Sama Hadapi Korea Utara

Presiden Korea Utara Kim Jong Un, saat uji coba roket pengangkut satelit.
Sumber :
  • KCNA via REUTERS

VIVA.co.id – Presiden AS, Barack Obama, dan Perdana Menteri China, Li Keqiang, pada Senin, 19 September 2016 menyetujui tindakan lebih lanjut dalam menanggapi aksi Korea Utara yang untuk kelima kalinya meluncurkan tes nuklir.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

Diplomat PBB mengatakan, kedua negara tersebut telah memulai diskusi untuk menjatuhkan sanksi sebagai resolusi dalam merespon tes nuklir Korea Utara yang kelima. Namun Beijing tak memberikan pernyataan langsung apakah mereka akan habis-habisan melakukan tindakan untuk melawan Korea Utara.

Obama dan Li bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB di New York. "Kedua pemimpin sama-sama mengutuk aksi Korea Utara, dan berusaha menemukan cara untuk menguatkan koordinasi untuk melakukan denukrilisasi di Semenanjung Korea. Termasuk menyegarkan kerjasama di Dewan Keamanan PBB dan penegakan hukum di Korea Utara," demikian pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih seperti diberitakan oleh Reuters, Selasa, 20 September 2016.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

Sejak peluncuran nuklir, China yang selama ini menjadi pendukung diplomasi dan rekan dagang terbesar Korea Utara mulai merenggangkan hubungan. Menteri Luar Negeri China Wang Yi, pekan lalu mengatakan pada sejawatnya dari Jepang, China menentang sanksi sepihak pada Korea Utara, namun akan bekerjasama dengan PBB untuk merumuskan tindakan apa yang akan diberikan pada Korea Utara.

Washington telah menekan Beijing agar melakukan tindakan lebih untuk menekan Korea Utara. AS juga bersedia melakukan negosiasi dengan Korea Utara jika mereka komit mengurangi senjata nuklirnya. Namun Pyongyang menolak permintaan itu.

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster

(ren)

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023