TUTUP
TUTUP
DUNIA

AS Gelontorkan US$19 Juta Untuk 50 Institusi di Indonesia

Dana tersebut disalurkan melalui USAID.
AS Gelontorkan US$19 Juta Untuk 50 Institusi di Indonesia
USAID/Ilustrasi. (Antara/ Irwansyah Putra)

VIVA.co.id –  Amerika Serikat dan Kementerian Pendidikan Tinggi RI telah meraih kemajuan yang sangat signifikan bagi pendidikan tinggi di Indonesia selama lima tahun terakhir. Tercatat sejak 2011 hingga 2016, USAID dengan dana US$19 juta telah membantu mengembangkan kapasitas 50 institusi Indonesia.

"Kondisi ekonomi Indonesia yang terus bertumbuh menuntut tersedianya tenaga kerja yang terdidik, terampil serta mampu beradaptasi dengan ekonomi berbasis pengetahuan. Untuk itu, AS sangat bangga bisa bermitra dan berkontribusi bagi Indonesia," kata Kuasa Usaha Kedutaan Besar AS Brian McFeeters melalui keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu 21 September 2016.

McFeeters mengatakan, AS telah bermitra dengan Pemerintah Indonesia melalui beragam inisiatif mulai dari penelitian inovatif, perluasan akses terhadap pendidikan dasar dan pendidikan kejuruan berkualitas, hingga penguatan sistem pendidikan tinggi.

"Luasnya dukungan AS untuk program pendidikan di Indonesia merupakan cerminan dari hubungan yang mendalam dan kerjasama erat yang terjalin antara kedua negara kita," ujarnya.

Menanggapi keberhasilan ini, Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Kemristekdikti, Dr. Patdono Suwignjo mengatakan bahwa dukungan ini adalah hal yang esensial untuk memberdayakan institusi perguruan tinggi, agar mampu menciptakan serangkaian sistem yang dapat memperkuat akses terhadap sumber daya, jejaring, pengembangan profesional dan manajemen.

"Keseluruhan sistem tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Kami berterima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan Amerika dengan para mitranya,” ujar Patdono.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP