AS Klaim ISIS Tembakkan Senjata Kimia

Kelompok radikal ISIS.
Sumber :
  • www.rt.com

VIVA.co.id – Militer Amerika Serikat menduga kelompok militan ISIS telah menembakkan roket berisi bahan kimia sejenis mustard ke Pangkalan Udara Qayyara di Irak, pada Selasa. Pangkalan tersebut tempat beroperasinya pasukan koalisi AS dan Irak.

Tokoh Oposisi Rusia Diracun, Pengawas Senjata Kimia Kirim Bantuan

Melansir situs BBC, Kamis, 22 September 2016, sebuah roket yang ditembakkan ISIS dan mendarat beberapa ratus yard dari lapangan udara ini kemudian didatangi pasukan untuk diselidiki.

"Berdasarkan apa yang dilihat, mereka menduga bahwa itu adalah gas mustard setelah dilakukan dua kali uji coba lapangan. Tes pertama adalah positif zat kimia dan yang kedua adalah negatif. Saat ini sedang dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata pejabat pertahanan AS di Irak.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tentara AS yang terlibat dalam insiden itu kemudian menjalani dekontaminasi sebagai tindakan pencegahan. Tidak ada tentara yang menunjukkan gejala paparan seperti kulit terbakar.

Para pejabat AS mengatakan mereka menduga ISIS mungkin akan mencoba menggunakan senjata kimia kepada pasukan AS dan Irak yang tengah berupaya untuk merebut kota Mosul dari ISIS. Mosul, kota terbesar kedua di Irak, telah berada di bawah kendali ISIS selama dua tahun terakhir.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Saat ini belum ada serangan susulan pascapenembakan roket. Namun, sudah ada 20 kasus yang terdokumentasi dari senjata kimia yang digunakan untuk melawan pejuang Kurdi di Irak, di mana seperempatnya menggunakan gas mustard.

Ciri-ciri terkontaminasi gas mustard dalam jumlah yang besar seluruh organ tubuh akan terasa terbakar sehingga dapat menyebabkan kematian. ISIS diketahui telah lama membuat dan menggunakan senjata kimia mentah di Irak dan Suriah.

Masker nubika (nuklir, biologi dan kimia).

Senyap dan Mematikan, Apa Itu Senjata Kimia?

Senjata kimia adalah segala jenis amunisi yang membawa racun atau zat kimia yang menyerang sistem tubuh. Ada berbagai kategori untuk jenis senjata ini.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022