TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Lawan Dua Negara, India Beli 36 Jet Tempur

Total nilai kontrak pembelian sebesar Rp115 triliun.
Lawan Dua Negara, India Beli 36 Jet Tempur
Pesawat Tempur Rafale (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

VIVA.co.id – India dan Prancis menandatangani kesepakatan pembelian tiga skadron (36 unit jet tempur) jenis Rafale, pada Jumat, seharga US$8,7 miliar (7,8 miliar euro/Rp115 triliun).

Pesawat ini nantinya akan ditempatkan di Skadron 33. Pembelian pesawat tempur ini merupakan terbesar dalam dua dekade dari pabrikan Dassault Aviation.

Hal ini seirama dengan kebijakan Perdana Menteri India Narendra Modi untuk mengganti armada tempurnya yang sudah uzur. Demikian dilansir dari situs Reuters, Jumat, 23 September 2016.

Skadron 33 sedikitnya membutuhkan 45 jet tempur anyar untuk menghadapi agresi China dan Pakistan, di mana negeri Bollywood ini memiliki sengketa perbatasan dan kepemilikan senjata nuklir dengan dua negara tersebut.

Pengiriman pertama akan tiba pada 2019 hingga 2025 untuk melengkapi tiga skadron Rafale.

Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian dan Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar, menandatangani perjanjian kerja sama di New Delhi, ibu kota India.

Pembelian pesawat baru ini ibarat angin segar bagi AU India lantaran telah terjadi gap yang sangat besar antara India dengan China dan Pakistan, soal modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Sementara, armada tempur yang dimiliki sekarang sudah usang dan sebagian besar buatan Uni Soviet. Sedangkan, jet tempur buatan lokal masih tertunda lantaran soal teknis.

PM Modi telah berjanji untuk memodernisasi Angkatan Bersenjata India dengan mengalokasikan anggaran sebesar US$150 miliar (hampir Rp2.000 triliun) pada tahun lalu. Anggaran ini termasuk rencana pembelian tiga skadron jet tempur Rafale.

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP