TUTUP
TUTUP
DUNIA

Bomber Rusia Datang, Jet Tempur Inggris Mengadang

Namun, aksi ini dinilai bukan bagian dari provokasi perang.
Bomber Rusia Datang, Jet Tempur Inggris Mengadang
Pesawat jet Typhoon. (REUTERS/Ints Kalnins)

VIVA.co.id – Dua jet tempur Typhoon asal Inggris dikerahkan untuk mencegat dua pesawat pembom Rusia, Blackjack, saat akan mendekati wilayah udara Negeri Ratu Elizabeth itu pada Kamis. Kementerian Pertahanan Inggris mengungkapkan dua jet tempur yang terbang dari Pangkalan Udara RAF di Lossiemouth dan Coningsby, ini mengudara sebagai tindakan pencegahan.

Menurut juru bicara Angkatan Udara Inggris (RAF) – seperti dilansir situs Daily Express, Jumat, 23 September 2016 – dua pesawat Blackjack Rusia itu melakukan perjalanan dari arah Norwegia kemudian semakin mendekati bagian barat Pulau Shetland milik Inggris.

"Kami dapat mengkonfirmasikan bahwa pesawat Typhoon telah mencegat dua pengebom Blackjack Rusia dan mereka dikawal saat berada di wilayah yang menjadi kepentingan Inggris Raya," ungkapnya.

Pada titik tersebut, pesawat Rusia memasuki wilayah teritorial udara Inggris. "Dalam insiden ini pesawat Rusia 'berdengung' di atas wilayah Inggris. Hal tersebut merupakan yang terbaru," papar sang juru bicara.

Meski tidak sampai masuk ke wilayah udara Inggris, namun pihak berwenang di London khawatir ketika dua pesawat itu melewati Kepulauan Shetland.

Sementara, mantan pilot RAF, Andrew Brookes, mengatakan, Rusia tidak bermaksud memprovokasi perang. “Ini bukan Perang Dingin. Mereka hanya ingin menggunakan taktik tersebut untuk 'menyolek dada kita'," katanya, memberi istilah.

Pada Desember 2015, pejabat militer Inggris melangsungkan dialog dengan Moskow terkait “serbuan” pesawat Rusia di sekitar wilayah Inggris.

Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon mengatakan bahwa pembicaraan itu ditujukan untuk menemukan cara menanggulangi “kesalahan kalkulasi atau disengaja.”

 

(ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP