Dubes AS untuk PBB Sebut Rusia Bertindak Barbar

Kondisi Suriah saat ini.
Sumber :
  • REUTERS/Abdalrhman Ismail

VIVA.co.id – Duta Besar AS untuk PBB menuduh Rusia melakukan tindakan barbar dalam pemboman di Aleppo, Suriah. Ia meminta Rusia mengakui tuduhan itu.

Tragedi Dunia, Bayi Muhammad Wafat Akibat Perang Horor Rusia

Saat pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB, Samantha Power mengatakan Rusia telah berbohong kepada PBB tentang apa yang mereka lakukan di Suriah.  Dia mengatakan, Rusia dan Rezim Suriah telah melakukan hal-hal kotor, selayak dengan membuang sampah, di negara yang selama ini menjadi ikon Timur Tengah.

Dalam pertemuan tersebut, Samantha Power mengatakan bahwa Rusia, yang mendukung rezim Suriah dibawah pimpinan Bashar al-Assad mengatakan, sebenarna memiliki kekuatan untuk menghentikan penderitaan ini. "Namun bukan mendamaikan, Rusia dan Assad malah menciptakan perang. Dibanding membiarkan bantuan kemanusiaan untuk mempertahankan hidup di Suriah, Rusia dan Assad malah mengebom rumah sakit dan pekerja kemanusiaan,"ujarnya, seperti diberitakan oleh Reuters, Senin, 29 Maret 2016.

Konspirasi Jahat Pangeran Arab ke Rusia Terbongkar, CIA Marah Besar

Rusia mengatakan, militer Suriah sedang melakukan upaya untuk mengusir teroris dari Aleppo, dan itu mungkin merugikan warga setempat. Duta Besar Rusia Vitaly Churkin tak menjelaskan bagaimana keterlibatan Rusia. Namun ia mengatakan, saat ini sudah nyaris mustahil untuk membawa perdamaian di Suriah. Ia juga menuduh kelompok bersenjata melakukan sabotase dalam proses gencatan senjata.

Power juga menuduh Rusia sengaja menyiapkan serangan udara untuk menyerang wilayah timur Aleppo, bahkan meski pada saat yang sama Menlu Rusa Sergei Lavrov mengatakan pada PBB, Rusia komit untuk menciptakan perdamaian. "Kami meminta Dewan Keamanan agar berani untuk mengatakan, siapa yang bertanggungjawab dan meminta Rusia untuk berhenti" ujarnya menambahkan.

Biadab, Pesawat Militer Rusia Tembaki Anak-anak Suriah utara

Beberapa perwakilan dalam pertemuan tersebut sepakat, Rusia mungkin telah melakukan kejahatan perang dengan menjatuhkan bom pada konvoi kemanusiaan dekat Aleppo, pada Senin, pekan lalu..Namun Rusia terus membantah tuduhan tersebut.

VIVA Militer : Tank pasukan Rusia di Suriah menghancurkan markas militan Suriah

Militer Rusia dan Suriah Hancurkan Rumah Sakit Darurat Militan Suriah

Aliansi militer Rusia dan Suriah juga ledakkan gudang senjata di Hama

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2020