TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Helikopter Korsel Jatuh di Laut Jepang, Tiga Awak Hilang

Insiden terjadi saat sedang latihan militer bersama dengan AS.
Helikopter Korsel Jatuh di Laut Jepang, Tiga Awak Hilang
Militer Korsel saat latihan perang. (REUTERS/Bae Jung-hyun/Yonhap)

VIVA.co.id – Tiga orang dikabarkan hilang setelah sebuah helikopter Angkatan Laut Korea Selatan jatuh di laut lepas pantai timur, Senin 26 September malam waktu setempat. Insiden ini terjadi usai Korsel mengadakan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat.

"Helikopter Lynx mengirimkan sinyal bahaya dan menghilang dari radar tak lama setelah lepas landas dari sebuah kapal perang di Laut Timur (Laut Jepang)," kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa, 27 September 2016.

Berdasarkan sinyal tersebut, diperkirakan bahwa helikopter telah jatuh ke laut. Pasca kejadian ini, pihak berwenang telah mengerahkan upaya untuk menemukan tiga awak yang berada di helikopter, termasuk pilot.

Latihan militer gabungan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat ini merupakan langkah terbaru oleh kekuatan militer, dalam menanggapi uji coba nuklir kelima Korea Utara awal bulan ini. Uji coba nuklir tersebut dianggap meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea.

Latihan gabungan ini melibatkan kapal perusak Amerika yakni USS Spruance dan kapal perang milik Korea Selatan. Latihan ini termasuk percobaan simulasi serangan terhadap pasukan Korut sekaligus penahanan kapal selam.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP