TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Denmark Dukung Pelestarian 'Jantung Sumatera'

Hutan Harapan seluas 100 ribu hektar dengan keanekaragaman hayati.
Denmark Dukung Pelestarian 'Jantung Sumatera'
Hutan di Indonesia. (U-Report)

VIVA.co.id – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge, menyepakati pendanaan sebesar Rp40 miliar untuk melindungi Hutan Harapan di Provinsi Jambi.

Hutan Harapan memiliki luas sekitar 100 ribu hektar, yang tersebar dari Sumatera Selatan hingga Jambi, dan memiliki tingkat keanekaragaman hayati sangat tinggi.

Hutan ini merupakan ikon hutan hujan dan rumah bagi hewan yang terancam punah seperti harimau dan gajah Sumatera serta spesies burung langka.

"Hutan Harapan adalah hutan ajaib di jantung Sumatera. Namun, berbagai gangguan dapat mengancam mata pencaharian masyarakat yang mendiami hutan serta keanekaragaman hayati. Tujuan kami adalah membuat hutan lestari dan membantu menyelamatkan hutan lainnya di Indonesia," kata Dubes Klynge, melalui keterangan pers, Selasa, 27 September 2016.

Menurutnya, Hutan Harapan menyimpan 10 juta ton karbon dan memiliki kemampuan untuk menyerap tambahan lima juta ton sebelum 2030.

"Dengan komitmen kuat antara pemerintah pusat dan daerah, saya yakin bahwa kita dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dari Hutan Harapan," ujar Klynge.

Hutan Harapan adalah Ecosystem Restoration Concession (ERC) pertama di Indonesia yang sebelumnya dilindungi dalam rangka untuk mengurangi emisi karbondioksida (CO2) dan membantu Indonesia memenuhi komitmen internasional.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP