Debat Trump-Clinton Pecahkan Rekor Penonton Televisi di AS

Hilarry dan Trump ikuti Debat Calon Presiden AS
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Siaran langsung debat calon presiden Amerika Serikat, antara Hillary Clinton dan Donald Trump, mencatatkan rekor baru jumlah penonton televisi. Sebab, ada 84 juta pasang mata yang menyaksikan tayangan langsung itu. 

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Padahal di era media sosial dan digital streaming, penonton dalam jumlah besar sudah jarang terjadi.

Dikutip dari Reuters, perhitungan rating dari Nielsen ini meliputi 13 jaringan siaran dan TV kabel di Amerika Serikat, serta stasiun televisi publik PBS.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Jumlah pemirsa ini mengalahkan rekor sebelumnya saat debat calon presiden Jimmy Carter dan Ronald Reagan di 1980.

Perhitungan pemirsa televisi ini belum meliputi jutaan penonton yang mengikuti debat ini melalui Twitter, Facebook, dan beragam media sosial lainnya, termasuk kelompok besar yang menyaksikan debat di rumah makan atau bar.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Debat antara Clinton dan Trump di New York, Amerika Serikat, Senin malam, 26 September 2016, merupakan rangkaian pertama dari empat debat yang dijadwalkan, sebelum pemilu digelar 8 November mendatang.

Proses debat ini berlangsung selama 90 menit non stop, dan terbagi dalam 6 bagian untuk membahas tiga isu utama, yaitu arah kebijakan Amerika Serikat, kesejahteraan dan ekonomi, serta masalah keamanan.

Clinton sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, dianggap mengungguli Trump dalam beberapa isu yang diangkat dalam debat. Hal itu berdasarkan proyeksi para analis, setelah melihat reaksi di pasar saham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya