Eropa Tangkap Lima Penyebar Ajaran Radikal

Facebook
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pihak berwenang di Spanyol, Jerman dan Belgia telah menangkap lima orang yang diduga membentuk kelompok ISIS yang "aktif dan berbahaya", dan berupaya mempromosikan militansi Islam di negara-negara tersebut.

Enam Bulan Jadi Budak Seks ISIS, Remaja Ini Berhasil Kabur

Seperti diberitakan Reuters, Rabu, 28 September 2016, pihak berwenang menyebutkan mereka yang ditangkap diantaranya berasal dari Spanyol dan Maroko. Dua diantara mereka ditahan di Barcelona, satu di Melilla, satu di Brussels dan satu di Wuppertal, Jerman.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol menyebutkan, pihak kepolisian setempat telah bekerja sama dengan penegak hukum federal Jerman dan Belgia untuk meringkus aksi ini.

Kejam, ISIS Paksa Seorang Wanita Makan Daging Bayinya

Berdasarkan investigasi, diketahui bahwa kelompok ini menggunakan media sosial, khususnya laman Facebook bernama "Islam en Espanol" atau Islam di Spanyol, yang memiliki lebih dari 32 ribu pengikut. Mereka acap kali mengunggah informasi mengenai ISIS dan menyebarkan pesan kepada kelompok militan yang beroperasi di Suriah dan Irak.

Selain beroperasi di Spanyol, mereka diduga melakukan serangan, radikalisasi, mempromosikan militansi Islam dan bertindak sebagai perantara untuk kelompok di Eropa.

Lagi, Pentolan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Dikabarkan Tewas

Sejak Spanyol meningkatkan level siaga pada tahun 2015, polisi telah menahan 143 militan Islam, di mana 113 diantaranya berada di Spanyol dan 30 lainnya di luar negeri.

(ren)

Gereja Ortodoks di Chechnya, Rusia diserang bom

Gereja Ortodoks Rusia Diserang Teroris, ISIS Klaim Pelaku

Kejadian teror gereja itu tewaskan tiga orang.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2018