TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Eropa Tangkap Lima Penyebar Ajaran Radikal

Mereka menyebarkan ajaran tersebut lewat Facebook.
Eropa Tangkap Lima Penyebar Ajaran Radikal
Facebook. (U-Report)

VIVA.co.id – Pihak berwenang di Spanyol, Jerman dan Belgia telah menangkap lima orang yang diduga membentuk kelompok ISIS yang "aktif dan berbahaya", dan berupaya mempromosikan militansi Islam di negara-negara tersebut.

Seperti diberitakan Reuters, Rabu, 28 September 2016, pihak berwenang menyebutkan mereka yang ditangkap diantaranya berasal dari Spanyol dan Maroko. Dua diantara mereka ditahan di Barcelona, satu di Melilla, satu di Brussels dan satu di Wuppertal, Jerman.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol menyebutkan, pihak kepolisian setempat telah bekerja sama dengan penegak hukum federal Jerman dan Belgia untuk meringkus aksi ini.

Berdasarkan investigasi, diketahui bahwa kelompok ini menggunakan media sosial, khususnya laman Facebook bernama "Islam en Espanol" atau Islam di Spanyol, yang memiliki lebih dari 32 ribu pengikut. Mereka acap kali mengunggah informasi mengenai ISIS dan menyebarkan pesan kepada kelompok militan yang beroperasi di Suriah dan Irak.

Selain beroperasi di Spanyol, mereka diduga melakukan serangan, radikalisasi, mempromosikan militansi Islam dan bertindak sebagai perantara untuk kelompok di Eropa.

Sejak Spanyol meningkatkan level siaga pada tahun 2015, polisi telah menahan 143 militan Islam, di mana 113 diantaranya berada di Spanyol dan 30 lainnya di luar negeri.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP