TUTUP
TUTUP
DUNIA

Indonesia Perluas Hubungan Diplomatik dengan Afrika

RI sudah punya hubungan diplomatik dengan 190 negara anggota PBB.
Indonesia Perluas Hubungan Diplomatik dengan Afrika
Menlu Retno LP Marsudi. (Reuters/Darren Whiteside)

VIVA.co.id – Indonesia semakin memperluas hubungan diplomatiknya dengan tiga negara di kawasan Afrika, pada pertemuan Sidang Umum PBB ke-71 tahun ini. Pada pertemuan yang berlangsung sejak 19-26 September 2016 di New York itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah menandatangani Joint Communique dengan Menlu Republik Afrika Tengah Charles-Armel Doubane, Menlu Equitorial Guinea Agapito Mba Mokuy, dan Menlu Republic of Chad Moussa Faki Mahamat.

"Indonesia kini memiliki hubungan diplomatik dengan 190 negara dari 193 negara anggota PBB. Hubungan diplomatik ini akan semakin memudahkan penguatan dan peningkatan berbagai kerja sama, baik bilateral maupun multirateral di PBB," kata Menlu Retno melalui situs resmi Kemlu RI, Rabu, 28 September 2016.

Di Republik Afrika Tengah, Indonesia memiliki pasukan dalam misi perdamaian UN MINUSCA sebanyak 215 personel TNI. Nilai perdagangan bilateral kedua negara juga telah mencapai angka US$6,6 juta pada tahun 2015.

Sementara dengan Republik Chad, Indonesia berharap dapat memperluas akses pasar produk non migas Indonesia, juga mendorong kerja sama teknik dan capacity building.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP