Indonesia Perluas Hubungan Diplomatik dengan Afrika

Menlu RI, Retno LP Marsudi.
Sumber :
  • Reuters/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Indonesia semakin memperluas hubungan diplomatiknya dengan tiga negara di kawasan Afrika, pada pertemuan Sidang Umum PBB ke-71 tahun ini. Pada pertemuan yang berlangsung sejak 19-26 September 2016 di New York itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah menandatangani Joint Communique dengan Menlu Republik Afrika Tengah Charles-Armel Doubane, Menlu Equitorial Guinea Agapito Mba Mokuy, dan Menlu Republic of Chad Moussa Faki Mahamat.

Kemlu Berhasil Selamatkan Hak Finansial WNI di Luar Negeri Rp179 M

"Indonesia kini memiliki hubungan diplomatik dengan 190 negara dari 193 negara anggota PBB. Hubungan diplomatik ini akan semakin memudahkan penguatan dan peningkatan berbagai kerja sama, baik bilateral maupun multirateral di PBB," kata Menlu Retno melalui situs resmi Kemlu RI, Rabu, 28 September 2016.

Di Republik Afrika Tengah, Indonesia memiliki pasukan dalam misi perdamaian UN MINUSCA sebanyak 215 personel TNI. Nilai perdagangan bilateral kedua negara juga telah mencapai angka US$6,6 juta pada tahun 2015.

Kemlu Jawab Tudingan Ade Armando soal Dugaan Pemerasan di Pandemi

Sementara dengan Republik Chad, Indonesia berharap dapat memperluas akses pasar produk non migas Indonesia, juga mendorong kerja sama teknik dan capacity building.

Garuda Indonesia angkut WNI yang dievakuasi dari Ukraina

Kemlu: 120 WNI di Ukraina Dipulangkan ke RI, 32 Orang Pilih Menetap

Pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022