TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

29-9-1988: Wanita Pertama Penakluk Everest

Stacy Allison sukses menaiki gunung dengan ketinggian 29.035 kaki itu
29-9-1988: Wanita Pertama Penakluk Everest
Gunung Everest di Himalaya.

VIVA.co.id – Pada 28 tahun silam, Stacy Allison dari Kota Portland, Oregon, Amerika Serikat, menjadi perempuan pertama yang berhasil mencapai puncak tertinggi Gunung Everest.

Allison, anggota dari American Northwest Everest Expidition, menaiki gunung dengan ketinggian 29.035 kaki itu menggunakan rute tenggara.

Menurut situs History, Puncak Everest berada di Pegunungan Himalaya yang terbentang di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Bangsa Tibet menyebut gunung ini dengan Chomo Lungma atau "Ibu Dewi Tanah". Sementara nama Everest diambil dari Sir George Everest berhasil menemukan puncak tertinggi di India itu untuk kali pertama.

Puncak Everest adalah titik tertinggi di bumi yang sangat tersohor di seluruh dunia. Kondisi alam di sana terbilang cukup ekstrim karena kadar oksigen yang sangat rendah, suhu yang sangat dingin serta cuaca yang tidak dapat diprediksi dan berbahaya.

Pada Mei 1953, pendaki dan penjelajah Edmund Hillary dari Selandia Baru dan Tenzing Norgay dari Nepal membuat pendakian pertama yang berhasil mencapai puncak Everest.

Sepuluh tahun kemudian, James Whittaker menjadi orang AS pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Diperkirakan, sekitar dua lusin pendaki telah tewas dalam upaya mencapai puncak Everest pada abad ke-20.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP