TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Penyakit Langka, Bayi Ini Tidak Punya Bola Mata

Kondisi ini langka, hanya menyerang satu dari 100 ribu bayi.
Penyakit Langka, Bayi Ini Tidak Punya Bola Mata
Ilustrasi bayi. (pixabay/stocksnap)

VIVA.co.id – Liu Peihua tidak pernah menyangka akan melahirkan seorang bayi laki-laki dengan keadaan tidak sempurna. Saat melahirkan pada 20 September lalu putranya lahir tanpa jaringan mata.

Dikutip dari laman Metro.co.uk, bayi Peihua diyakini mengidap Anopthalmia, keadaan di mana bayi lahir kehilangan matanya baik satu atau dua dari lubang matanya. Kondisi ini merupakan satu hal yang langka, karena hanya menyerang satu dari 100 ribu bayi.

Di tempat asalnya, Guangzhou, China, Peihua tidak henti mencari sejumlah ahli untuk mengobati kondisi putranya.

Bayi yang di kalangan media China dijuluki 'bayi tanpa mata' ini diketahui tidak menunjukkan indikasi mengalami kondisi ini sebelum kelahirannya.

Meski kondisi ini memprihatinkan, namun keluarga Peihua tetap menatap masa depan dan berharap ada donasi yang dapat membantu membuat rencana masa depan putra mereka.

Melahirkan putra dengan kondisi seperti ini sangat membuat Peihua terpuruk. Namun, ia mengaku putranya tetap menangis ketika meminta susu seperti bayi-bayi normal lain.

Diketahui, anophthalmia berarti hilangnya mata. Seorang bayi bisa lahir tanpa satu atau dua mata di lubang matanya. Kondisi langka ini biasanya terjadi selama kehamilan dan bisa dihubungkan dengan kelahiran cacat lainnya.

Kondisi ini bisa disebabkan mutasi genetik dan kromoson abnormal. Selain itu, para peneliti percaya bahwa faktor lingkungan seperti paparan sinar X, bahan kimia, obat-obatan, pestisida, bahan beracun, radiasi, atau virus dapat meningkatkan risiko anopthalmia. Namun, penelitian ini belum mendapatkan hasil pasti.

Sayangnya, belum ada pengobatan yang dapat mengembalikan penglihatan pada anak yang terkena anopthalmia. Dia harus terus menjalani pemeriksaan di rumah sakit dan menjalani banyak prostetik mata untuk memastikan tulang dan jaringan lembut di sekitar lubang mata tumbuh dengan baik dan untuk memperbaiki penampilan.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP