Bandara Pertama Dibangun 7.000 Tahun yang Lalu di Irak?

Ziggurat, salah satu bangunan peninggalan bangsa Sumeria di selatan Iraq.
Sumber :
  • Independent.co.uk.

VIVA.co.id – Menteri Transportasi Irak, Kazem Finjan, mengklaim bangsa Sumeria kuno melakukan perjalanan ke Pluto ribuan tahun yang lalu. Selain itu, bandara pertama di dunia dibangun di negeri tersebut sekitar 5.000 SM.

5 Negara Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Eksis dari 6 Ribu Tahun Sebelum Masehi

Dia mengatakan Sumeria kuno merupakan salah satu peradaban tertua di dunia. Menurut Finjan, bandara tersebut digunakan untuk melakukan eksplorasi ruang angkasa yang akhirnya menemukan Pluto.

Peneliti Pusat Akademik Studi Syiah, Hayder al-Khoei, memposting sebuah gambar di akun Twitternya yang menampilkan suasana saat konferensi pers.

Geger, Reruntuhan yang Diduga Piramida Raksasa Ditemukan

"Momen canggung dan saya tidak berpikir seseorang berani membantahnya," tulisnya seperti dimuat dalam The New Arab dan dikutip oleh Independent.co.uk, Minggu, 2 Oktober 2016.

Bangsa Sumeria diyakini menetap di wilayah Mesopotamia Selatan, sekarang selatan Irak, pada 5500-4000 SM. Mereka mengembangkan pertanian, perdagangan dan beragam keterampilan seperti tenun, logam dan tembikar.

Manusia Mana yang Peradabannya Paling Lama di Dunia?

The New Arab melaporkan bahwa Finjan mendasarkan klaim itu pada penelitian ahli Sumeria asal Rusia, Samuel Kramer, yang mempelajari mitos penciptaan peradaban dan menulis tentang pemahaman bangsa tersebut tentang tata surya.

Sang menteri juga mengklaim bahwa orang-orang hebat berasal dari bangsa Sumeria. Dia percaya, pesawat ruang angkasa Sumeria digunakan untuk memulai misi terbang menuju planet lain.

Menteri juga percaya manusia pertama yang berhasil ke luar angkasa adalah pilot Uni Soviet Yuri Gagarin, yang membuat 108 menit penerbangan ke orbit bumi pada tahun 1961.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya