TUTUP
TUTUP
DUNIA

Jamaika dan Haiti Terancam Badai Berkekuatan Dahsyat

Badai diperkirakan membawa angin dengan kecepatan 240km/jam.
Jamaika dan Haiti Terancam Badai Berkekuatan Dahsyat
Seorang pria mengambil gambar ombak menjelang terjangan badai Matthew. (REUTERS/Andres Martinez Casares)

VIVA.co.id – Jamaika, Haiti dan beberapa wilayah di AS sedang bersiap menunggu kedatangan badai Matthew. Badai ini memiliki kekuatan sangat besar dan biasanya datang bersama hujan.

Matthew adalah badai terkuat yang melewati Samudera Atlantik setelah badai felix pada tahun 2007. Badai Matthew datang disertai angin dengan kecepatan maksimum 240 km/jam. Badai tersebut akan terus bertahan dengan kekuatannya selama beberapa hari.

Diberitakan oleh Reuters, Selasa, 4 Oktober 2016, Angkatan Laut AS menyatakan orang-orang yang tinggal di pangkalan dan pusat tahanan militer di ujung timur pulau Kuba sudah diminta untuk berlindung. Pemerintah AS juga mengevakuasi personel nonesensial, termasuk 700 anggota keluarga militer yang tinggal di sana. Ratusan orang siap diterbangkan keluar dari pangkalan Angkatan Laut AS di Teluk Guantanamo.

Haiti juga telah mulai mengungsikan penduduk dari pulau-pulau berpasir yang diperkirakan akan terimbas Matthew. Badai ini diperkirakan akan melalui Kuba timur dan Bahama. Pemerintah Kuba telah menetapkan situasi darurat di lima provinsi.

Pusat Pengawasan Badai Nasional AS menyatakan, curah hujan bisa mencapai lebih dari 63 sentimeter. "Hujan itu bisa mengakibatkan banjir bandang, lumpur, dan longsor yang bisa menimbulkan korban jiwa.

Sementara itu pemerintah AS sudah menyiapkan dana bantuan hingga 400.000 dolar Amerika. Dana bantuan disiapkan untuk warga yang terdampak bencana.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP