AS dan Rusia Masih Jadi Raksasa Militer Dunia

Kekuatan militer China.
Sumber :
  • blogs.reuters.com

VIVA.co.id – Persaingan Amerika Serikat dan Rusia dalam hal kepemilikan alat utama sistem pertahanan atau alutsista tak pernah tergoyahkan. Dua negara tersebut terus menjadi raksasa utama kecanggihan dan kelengkapan alat militer.

Gila, Biden Siap Sunat Duit Militer Amerika Demi Kirim Senjata ke Ukraina

Survey yang dilakukan oleh Global Fire, sebuah situs independen,  menempatkan dua negara tersebut pada peringkat satu dan dua negara yang memiliki kekuatan militer terbesar di dunia tahun 2016. Global Fire mengatakan, pihaknya memberikan peringkat dengan menggunakan 50 faktor sebagai power index (PwrIdx). Hal ini memungkinkan negara-negara kecil, yang memiliki teknologi maju, juga bisa bersaing dengan negara-negara besar dan negara berkembang.

Di antara hal yang menjadi parameter adalah peringkat diberikan tak hanya bergantung pada jumlah senjata yang tersedia untuk satu negara melainkan fokus pada keanekaragaman senjata. Global Fire juga memperhitungkan nuklir yang dimiliki satu negara, faktor geografis, fleksibilitas logistik, sumber daya alam, dan industri lokal juga mempengaruhi peringkat akhir. Selain itu, negara yang menjadi sekutu NATO mendapat bonus hitungan karena biasanya negara-negara tersebut berbagi sumber daya.

Salah Sasaran, Kapal Perang Jerman Berondong Drone Mata-mata Amerika

Khusus negara yang tak memiliki laut, dan tak memiliki Angkatan Laut tetap diperhitungkan, namun Angkatan Laut dalam sebuah negara biasanya memiliki ketersediaan alat militer secara khusus. Global Fire menafikan keadaan politik saat ini atau kepemimpinan militer dalam suatu negara.

Dalam situsnya tersebut, Global Fire menyebutkan berapa jumlah alutsista yang dimiliki oleh setiap negara dari seluruh kekuatan darat, laut dan udara. Pesawat tempur, kapal induk, tank, rudal, nuklir, hingga senjata.

Pasukan Khusus 3 Negara Barat Terlibat Perang Rusia-Ukraina

Berdasarkan perhitungan tersebut, Global Fire menempatkan Amerika Serikat sebagai negara dengan kekuatan militer tertinggi di dunia. Dibawah AS adalah Rusia, dan berikutnya adalah China.China dan India berada diperingkat ketiga dan keemapt.Peringkat lima hingga sepuluh berturut-turut adalah Prancis, Inggris, Jepang, Turki, Jerman dan Itali. Indonesia berada di peringkat 14, dibawah Korea Selatan, Mesir, dan Pakistan. Namun untuk ukuran Asia Tenggara, Indonesia berada diposisi tertinggi. Indonesia bahkan berada jauh diatas Malaysia dan Singapura. Tiga negara terakhir adalah negara-negara di Afrika, yaitu Namibia, Somalia, dan Republik Afrika Tengah.

VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024