TUTUP
TUTUP
DUNIA

05-10-1947: Presiden AS Pertama Kali Pidato di TV

Harry Truman berbicara langsung dari Gedung Putih.
05-10-1947: Presiden AS Pertama Kali Pidato di TV
Presiden AS Harry S Truman. (www.whitehouse.gov)

VIVA.co.id – Hari ini, 69 tahun silam. Presiden Amerika Serikat, Harry S. Truman menjadi pemimpin negara pertama dunia, yang berpidato di televisi dari Gedung Putih.

Melansir situs History, Rabu 10 Oktober 2016, Truman mengumumkan akan menerapkan 'Program Makanan Berumur Pendek'. Di depan kamera yang disiarkan langsung ke seluruh penjuru AS, Truman meminta rakyat Amerika untuk mengurangi penggunaan gandum, guna membantu bencana kelaparan di Eropa usai Perang Dunia II.

Presiden ke-33 AS ini khawatir, bila negaranya tidak memberikan bantuan pangan, program Marshall Plan untuk pemulihan ekonomi di Eropa akan berantakan.

Selain itu, Truman juga meminta, agar masyarakat secara sukarela tidak memakan daging tiap Selasa, tidak memakan telur dan unggas pada Kamis, serta menyimpan sepotong roti sebagai pengganti setiap hari.

Akhirnya, program ini berhasil dijalankan dan Marshall Plan sukses membantu mendongkrak revitalisasi dan pertumbuhan ekonomi di Eropa.

Asal tahu saja, pada 1947, televisi masih menjadi barang mahal, karena dalam masa pertumbuhan. Hanya ribuan warga saja yang memilikinya. Sebab, mereka masih terbiasa mendengarkan radio untuk menikmati berita maupun hiburan.

Namun, awal 1950, jumlah warga AS yang memiliki TV di rumah, langsung melesat hingga jutaan orang. Pascapidato Truman, TV menjadi magnet besar. Setiap pidato Truman berikutnya di Gedung Putih, selalu disiarkan televisi.

Pada 1948, Truman juga calon presiden pertama yang menyiarkan iklan politik berbayar. Ia telah merintis siaran langsung dari Gedung Putih. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP