Bantai Abu Sayyaf, Militer Filipina Diberi 'Obat' Antistres

Tentara Filipina
Sumber :
  • Reuters/Erik De Castro

VIVA.co.id – Personel Angkatan Bersenjata Filipina yang dikirim ke garis depan dari operasi militer besar-besaran pemerintah menumpas kelompok bandit Abu Sayyaf di Sulu, Basilan, Filipina Selatan, akan menjalani pembekalan psikologi perang terlebih dahulu.

Maudy Ayunda: Stress Tidak Selalu Buruk

Hal ini untuk mengatasi kerasnya beban psikologis mereka dalam berperang yang berakibat pada Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Melansir situs Inquirer, Rabu, 5 Oktober 2016, berdasarkan laporan dari Joint Task Force Sulu (JTFS) di Camp Bautista, menyebut tiga kompi tentara dari batalyon yang berbeda mengikuti pembekalan psikologi perang yang dilakukan oleh tim medis angkatan bersenjata yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Pusat Militer Filipina.

Cantik Nian, Perwira AFP Ternyata Mantan Ratu Kecantikan Filipina

Brigjen Arnel dela Vega, selaku Komandan JTFS, mengatakan, sudah masuk minggu ketiga pembekalan oleh tim medis yang terdiri dari profesional kesehatan dari berbagai spesialisasi, yang sebagian besar berasal dari Dinas Kesehatan Psikologis dari rumah sakit militer, serta pemuka agama dari Layanan Chaplain.

Pembekalan adalah mekanisme untuk memastikan kesehatan psikologis, moral dan kesejahteraan tentara yang terlibat dalam operasi tempur yang sangat berbahaya. Jenis stres pertama kali diamati pada pasukan AS selama Perang Vietnam oleh tenaga medis dan ditemukan untuk menjadi jenis PTSD.

Meditasi Memiliki Manfaat Besar Mengatasi Stres Berat 

"Pembekalan antistres merupakan bagian dari program militer Filipina untuk mengurus kesehatan dan kesejahteraan tentara yang terlibat dalam pertempuran," kata Dela Vega.

Menurutnya, pembekalan ini bertujuan untuk mengatasi kemungkinan kasus PTSD yang dialami tentara. Dela Vega menambahkan, pembekalan menyediakan program kesehatan terus tentara dari petugas saat dan pasukan mendapatkan ditugaskan atau terdaftar sampai mereka pensiun.

Ilustrasi depresi/stres.

6 Cara Sederhana, Cepat dan Efektif Atasi Stres

Stres menyebabkan dampak fisik dan emosional pada individu yang menderita stres tersebut. Mengatasi stres bisa dengan yoga, atau curhat dengan orang terdekat.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023