Topan Chaba Hantam Busan, Gedung-gedung Terendam Banjir

Ilustrasi.
Sumber :
  • www.stuff.co.nz

VIVA.co.id –  Topan Chaba yang melanda kota Busan dan Ulsan di Korea Selatan menimbulkan banjir bandang dan kerusakan. Topan tersebut juga menewaskan tiga orang, dan tiga lainnya hilang.

Korban Topan Chaba di Korea Selatan Jadi 6 Orang

Topan Chaba melanda Kepulauan Jeju sepanjang malam. Satu orang di Jeju dilaporkan hilang. Pemerintah setempat juga sempat mematikan aliran listrik, dan 26 penerbangan yang akan menuju pelabuhan tersebut dibatalkan.

Diberitakan Reuters, Rabu, 5 Oktober 2016, sejak kemarin, pelabuhan Busan sudah ditutup karena badai Chaba yang semakin kuat. Hyundai Motor menutup dua pabriknya yang berada di Ulsan karena banjir memenuhi seluruh area pabrik.

Badai Mirip Tsunami Busan Hancurkan Lokasi Festival Film

Kantor berita Yonhap mengabarkan, aktivitas pengapalan dan juga dibatalkan oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.Ltd di kota Geoje. Menurut laporan media lokal, lima orang dilaporkan tewas di kota Busan dan Ulsan. Namun Kementerian Kesehatan dan Keamanan Publik menyebutkan, tiga orang tewas dan tiga lainnya hilang.

Tayangan televisi menggambarkan situasi banjir bandang yang terjadi di beberapa wilayah di Ulsan dan Busan. Sejumlah mobil dan gedung terendam banjir. Apartemen yang berada di pinggir pantai terhantam ombak besar.

Usai Hantam Korsel, Topan Chaba Menuju Jepang

Lebih dari 80 penerbangan di bandara Gimhae yang melayani penerbangan menuju Busan dibatalkan. Layanan kereta  cepat KTX juga dihentikan.

Topan Chaba diharapkan semakin mengurangi kekuatannya. Topan tersebut diperkirakan bergerak menuju Jepang, dan diharapkan hanya menjadi badai tropik biasa saat tiba di Jepang.

Arrmanatha Nassir, Juru Bicara Kemlu RI.

Kemlu: Belum Ada WNI Korban Topan Chaba

Namun, seluruh WNI di Korsel terus dimonitor.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2016