Pejabat Korut di Beijing Membelot

Bendera Korea Utara.
Sumber :
  • REUTERS/Denis Balibouse/File Photo

VIVA.co.id – Seorang pejabat Kedutaan Besar Korea Utara di Beijing dilaporkan telah membelot, sementara dua staf kedutaan lainnya juga diketahui meminta perlindungan suaka kepada misi Jepang di Ibukota China.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Diberitakan The Guardian, Rabu 5 Oktober 2016, salah satu sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan, pejabat Korut tersebut telah menghilang bersama keluarganya sejak akhir September lalu.

Menurut informasi pejabat yang membelot tersebut bertanggung jawab menyuplai pasokan medis bagi klinik di Pyongyang, yang melayani pimpinan Korut Kim Jong-un beserta anggota keluarganya.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Dalam laporan terpisah, Harian Korea Selatan, JoongAng Ilbo, mengatakan, dua staf senior di Kedutaan Korea Utara di Beijing juga telah meminta suaka ke Jepang. Meski kedua staf tersebut bukan merupakan diplomat, namun keduanya bekerja di kantor pemerintah Korea Utara.

Jika hal ini dikonfirmasi, maka informasi ini akan menjadi hal terbaru dalam serangkaian tindak pembelotan oleh pejabat Korea Utara di beberapa negara. Pengamat menilai bahwa pembelotan ini merupakan tanda adanya ketidakstabilan dalam kepemimpinan di Pyongyang.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama
Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024