TUTUP
TUTUP
DUNIA

Pejabat Korut di Beijing Membelot

Mereka dilaporkan meminta suaka ke Jepang dan China.
Pejabat Korut di Beijing Membelot
Bendera Korea Utara di Jenewa, Swiss. (REUTERS/Denis Balibouse/File Photo)

VIVA.co.id – Seorang pejabat Kedutaan Besar Korea Utara di Beijing dilaporkan telah membelot, sementara dua staf kedutaan lainnya juga diketahui meminta perlindungan suaka kepada misi Jepang di Ibukota China.

Diberitakan The Guardian, Rabu 5 Oktober 2016, salah satu sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan, pejabat Korut tersebut telah menghilang bersama keluarganya sejak akhir September lalu.

Menurut informasi pejabat yang membelot tersebut bertanggung jawab menyuplai pasokan medis bagi klinik di Pyongyang, yang melayani pimpinan Korut Kim Jong-un beserta anggota keluarganya.

Dalam laporan terpisah, Harian Korea Selatan, JoongAng Ilbo, mengatakan, dua staf senior di Kedutaan Korea Utara di Beijing juga telah meminta suaka ke Jepang. Meski kedua staf tersebut bukan merupakan diplomat, namun keduanya bekerja di kantor pemerintah Korea Utara.

Jika hal ini dikonfirmasi, maka informasi ini akan menjadi hal terbaru dalam serangkaian tindak pembelotan oleh pejabat Korea Utara di beberapa negara. Pengamat menilai bahwa pembelotan ini merupakan tanda adanya ketidakstabilan dalam kepemimpinan di Pyongyang.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP