TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Trump Kritik Obamacare Bencana Bagi AS

Padahal, saat ini ada 20 juta rakyat AS butuh asuransi kesehatan.
Trump Kritik Obamacare Bencana Bagi AS
Hilarry dan Trump ikuti Debat Calon Presiden AS (REUTERS)

VIVA.co.id – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, mengatakan bahwa Undang-Undang Perlindungan Kesehatan – yang populer dengan sebutan Obamacare – adalah penipuan dan bencana bagi AS. Menurutnya, kebijakan andalan pemerintahan Presiden Barack Obama tersebut telah menguras uang negara selama ini.

"Itu (Obamacare) hanya buang-buang duit saja. Dan tidak akan pernah berhasil. Obamacare itu bencana dan penipuan," kata Trump, dalam debat Capres AS putaran kedua di Missouri, yang disiarkan di Kabar Khusus tvOne, Senin pagi 10 Oktober 2016.

Taipan asal New York itu juga menghujat Obamacare selalu merongrong Kongres AS karena selalu minta anggaran. "Obamacare sangat mahal dan benar-benar menguras anggaran negara," ungkapnya.

Rival Trump, Hillary Clinton, menampik tudingan itu. Ia mengatakan justru kebijakan Obamacare sangatlah penting karena mengutamakan kepentingan warga miskin AS.

"Ini adalah asuransi kesehatan untuk masyarakat miskin. Saat ini, terdapat 20 juta jiwa rakyat AS yang sangat membutuhkan asuransi," papar Hillary.

UU Perlindungan Kesehatan ini menyentuh segala sesuatu terkait jaminan kesehatan untuk warga Amerika. Mulai dari bagaimana rumah sakit akan diganti biayanya untuk perawatan hingga perlunya restoran mencantumkan jumlah kalori pada menu mereka.

Obamacare memberi jaminan pada semua rakyat untuk mendapatkan akses pada layanan dan perlindungan kesehatan, baik pada saat mereka sehat atau sakit, bagi orang tua maupun kaum muda.

UU juga mengharuskan pemerintah membantu mereka yang berpenghasilan rendah untuk membayar premi asuransinya. Ide Obamacare ini muncul dari sang pencetusnya, Jonathan Gruber.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP