Uruguay Baru Kali ini Kirim Menteri ke Indonesia

Menlu Uruguay, Rodolfo Nin Novoa bersama Menlu Retno Marsudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Hubungan diplomatik Indonesia dan Uruguay sudah terjalin sejak 1965. Namun, baru tahun ini pejabat tinggi salah satu negara di Amerika Selatan itu menginjakkan kaki di Jakarta.

5 Jebakan Sahur: Hindari Makanan Ini Agar Tak Dehidrasi Seharian

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, hari ini menyambut hangat kedatangan Menteri Luar Negeri Uruguay, Rodolfo Nin Novoa. Ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama Novoa ke Indonesia.

"Menjadi suatu kehormatan bagi Indonesia untuk menerima kunjungan bersejarah dan membawa pesan positif bagi kedua negara. Uruguay jadi pintu masuk produk unggulan Indonesia ke pasar Amerika Selatan," kata Menlu Retno di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2016.

Ini Deretan Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Diet Gula

Negeri pesepakbola Luiz Suarez ini termasuk andalan Indonesia dalam menjual produk-produk unggulan di Amerika Latin, seperti furnitur, kerajinan tangan, makanan dan minuman olahan, serta consumer goods.

Dalam kunjungannya, Menlu Novoa ingin mendorong kerja sama ekonomi dan teknik (economic and technical cooperation/ecotech).

Inilah Deretan Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Tak lupa, ia juga membawa beberapa pengusaha berlatarbelakang multiproduct dan home decoration.

"Uruguay memiliki potensi produk berupa makanan olahan dari susu (dairy) dan daging. Tapi, kedua produk ini masih dalam tahap pengajuan pembahasan untuk sertifikasi halal dan persyaratan phytosanitary untuk produk pertanian," ungkap Menlu Retno.

Selain kerja sama ecotech, kedua negara membahas kerja sama sektor pendidikan. Seperti diketahui, ratusan mahasiswa Uruguay berkunjung ke Bali setiap tahun. Hal ini, menurut Menlu Retno, menjadi potensi yang sangat baik bagi kedua negara.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya