TUTUP
TUTUP
DUNIA

RI-Rumania Perkuat Kerja Sama Infrastruktur

Tahun lalu, nilai perdagangan capai Rp1,53 triliun.
RI-Rumania Perkuat Kerja Sama Infrastruktur
Menlu Retno LP Marsudi (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Indonesia dan Rumania sepakat untuk meningkatkan kerja sama infrastruktur. Menurut Menteri Luar Negeri Rumania Lazar Comanescu, infrastruktur adalah prioritas utama bagi kedua negara, dalam kaitannya dengan konektivitas global.

Ia juga berharap untuk meningkatkan potensi kerja sama lainnya dengan Indonesia seperti sains dan teknologi, pertukaran pelajar, serta pendidikan.

"Bagi Rumania, Indonesia adalah negara yang sangat penting di kawasan Asia Tenggara. Hubungan kedua negara sangat baik, namun pada dasarnya kami melihat masih ada ruang untuk meningkatkan substansi kerja sama dalam berbagai aspek, khususnya perekonomian," kata Comanescu, di Gedung Pancasila Kemlu RI, Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2016.

Dalam pertemuan bilateralnya dengan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, keduanya membahas perkembangan kerja sama yang telah dibentuk selama ini seperti perdagangan, investasi, hubungan antarmanusia (people to people contact) serta isu yang saat ini tengah berkembang di kawasan.

Di bidang perekonomian, Rumania merupakan mitra dagang keenam Indonesia di kawasan Eropa Tengah dan Timur, di mana pada 2015, nilai perdagangan bilateral kedua negara mencapai US$117,6 juta (Rp1,53 triliun).

"Kami ingin meningkatkan komunitas bisnis kedua negara. Hal ini dibuktikan dengan Kamar Dagang Indonesia dan Rumania telah menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama dan kontak langsung antarpengusaha kedua negara," ujar Comanescu.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP