RI-Rumania Perkuat Kerja Sama Infrastruktur

Menlu Retno LP Marsudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Indonesia dan Rumania sepakat untuk meningkatkan kerja sama infrastruktur. Menurut Menteri Luar Negeri Rumania Lazar Comanescu, infrastruktur adalah prioritas utama bagi kedua negara, dalam kaitannya dengan konektivitas global.

7 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2050, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

Ia juga berharap untuk meningkatkan potensi kerja sama lainnya dengan Indonesia seperti sains dan teknologi, pertukaran pelajar, serta pendidikan.

"Bagi Rumania, Indonesia adalah negara yang sangat penting di kawasan Asia Tenggara. Hubungan kedua negara sangat baik, namun pada dasarnya kami melihat masih ada ruang untuk meningkatkan substansi kerja sama dalam berbagai aspek, khususnya perekonomian," kata Comanescu, di Gedung Pancasila Kemlu RI, Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2016.

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

Dalam pertemuan bilateralnya dengan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, keduanya membahas perkembangan kerja sama yang telah dibentuk selama ini seperti perdagangan, investasi, hubungan antarmanusia (people to people contact) serta isu yang saat ini tengah berkembang di kawasan.

Di bidang perekonomian, Rumania merupakan mitra dagang keenam Indonesia di kawasan Eropa Tengah dan Timur, di mana pada 2015, nilai perdagangan bilateral kedua negara mencapai US$117,6 juta (Rp1,53 triliun).

Sri Mulyani Ungkap Ekonomi Global 2024 Masih Diproyeksi Lemah oleh IMF dan World Bank

"Kami ingin meningkatkan komunitas bisnis kedua negara. Hal ini dibuktikan dengan Kamar Dagang Indonesia dan Rumania telah menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama dan kontak langsung antarpengusaha kedua negara," ujar Comanescu.

VIVA Militer: Rudal hipersonik Iran gagal dibendung sistem Iron Dome Israel

Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel

Serangan drone Iran ke Israel dikhawatirkan bakal berdampak secara politik dan ekonomi dalam negeri yang terjadi pada Sabtu malam, 13 April 2024. Memang, serangan Iran in

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024