TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Menlu Upayakan WNI Bebas Visa ke Rumania

Indonesia dan Rumania punya hubungan diplomatik yang kuat.
Menlu Upayakan WNI Bebas Visa ke Rumania
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengajukan pembebasan visa kunjungan ke Rumania bagi warga negara Indonesia (WNI).

"Indonesia dan Rumania memiliki hubungan diplomatik dan bilateral yang cukup kuat. Kami juga punya beberapa kerja sama dan potensi lainnya yang sangat mungkin dikembangkan. Saya telah mengajukan permintaan agar memberikan bebas visa untuk WNI," kata Menlu Retno, di Gedung Pancasila Kemlu RI, Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2016.

Menurutnya, pembebasan visa penting kaitannya untuk semua lapisan kepentingan. Tidak hanya dalam hubungan antarpemerintah, tetapi penting fondasinya bagi hubungan antarmasyarakat (people to people contact).

"Kita sudah lebih maju untuk menerapkan bebas visa kunjungan singkat bagi warga Rumania. Memang bisa dikatakan pada praktiknya ini tidak berimbang. Dibandingkan negara ASEAN lain, Indonesia harusnya menjadi prioritas untuk pemberian bebas visa," ungkap dia.

Menanggapi permintaan Menlu Retno, Menteri Luar Negeri Rumania, Lazar Comanescu, mengaku akan meninjau kembali dan berkomitmen untuk secepatnya memproses bebas visa.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada kabar baik soal ini," terangnya. Dalam kunjungan perdananya ke Jakarta kali ini, Menlu Comanescu membawa beberapa delegasi bisnis di bidang energi, konstruksi, customer goods dan pertanian.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP