TUTUP
TUTUP
DUNIA

China Ingatkan Australia Jaga Sikap Soal Laut China Selatan

"Kami harap Australia supaya berhati-hati dalam bicara dan bertindak".
China Ingatkan Australia Jaga Sikap Soal Laut China Selatan
Kekuatan militer China menjadi perhatian AS soal masa depan Asia Timur. (www.china-defense-mashup.com)

VIVA.co.id – China mengingatkan Australia agar berhati-hati dalam setiap tindakan dan perkataan yang berkaitan dengan isu Laut China Selatan.

"Kami berharap Anda (Australia) supaya berhati-hati dalam berbicara dan bertindak soal wilayah sengketa (Laut China Selatan). Kami juga berharap perkataan dan tindakan mereka (Australia) bisa selaras," kata Wakil Ketua Komisi Militer China, Fan Changlong, seperti dikutip situs Reuters, Kamis, 13 Oktober 2016.

Ia menilai bahwa ada harapan kepada Australia untuk mendorong perkembangan yang 'sehat dan stabil' terhadap hubungan bilateral, khususnya bidang militer.

Hal ini diungkapkan Changlong, saat menerima kunjungan pimpinan Departemen Pertahanan Australia.

Seperti diketahui, Australia adalah sekutu Amerika Serikat di kawasan Pasifik. Belakangan ini, negeri Kanguru itu mengeluarkan kritikan tajam terhadap Beijing soal pengawasan udara sepihak di atas pulau sengketa dan mendukung kebebasan navigasi.

Sebelumnya, Australia dan Amerika Serikat sepakat untuk patungan pembiayaan penempatan militer Amerika di negeri Kanguru itu.

Penempatan militer AS di bagian utara Australia dipandang jadi faktor kunci bagi pergeseran fokus keamanan Amerika, yang kini lebih berat ke Asia - seperti yang dicanangkan Presiden Barack Obama.

Kesepakatan itu diumumkan oleh Menteri Pertahanan Australia, Marise Payne bertemu dengan Menteri Pertahanan AS, Ash Carter, di Washington DC untuk membicarakan rencana penambahan personel militer Amerika di Kota Darwin - yang saat ini sebanyak 1.250 personel - mulai 2020 mendatang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP