Lawan Terorisme, Menteri OKI Akan Bahas Pendidikan Islam

Kemlu gelar jumpa pers untuk KTM OKI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Organisasi Kerja sama Islam (OKI) akan membahas kolaborasi pendidikan dan peran ilmu pengetahuan di dunia Islam, untuk melawan terorisme dan radikalisme. Rencananya, topik ini akan dikemukakan dalam Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-43 di Tashkent, Uzbekistan, 18-19 Oktober mendatang.

Takjil Khas Timur Tengah Siap Sambut Suasana Bukber di Tangerang

"Topik pendidikan ini adalah sesuatu yang jarang kita bahas sebelumnya. Makanya nanti saat KTM akan diingatkan kembali mengenai kemajuan ilmu yang dicapai Islam melalui pendidikan, dan diharapkan dapat berkontribusi dalam perdamaian," kata Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Kemenlu, Arko Hananto, di Gedung Kemlu, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016. 

Tema pendidikan yang diusulkan Uzbekistan, sebagai tuan rumah KTM ini, akan menjadi wadah bagi setiap negara anggota OKI untuk saling bertukar pikiran dan mengingatkan kembali kebesaran Islam dalam bidang pendidikan pada zaman dahulu. 

Ramadhan Bisa Nikmati Hidangan Mesir Hingga Libanon Buat Buka Puasa, di Mana Tempatnya?

Arko mengatakan, meskipun pembahasan ini bersifat makro dan lebih luas, namun tidak menutup kemungkinan nantinya hasil dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti ke working group yang lebih spesifik, untuk diterapkan di masing-masing negara.

Selain isu pendidikan, isu yang akan dibahas organisasi internasional beranggotakan 57 negara ini yaitu serangkaian resolusi politik, ekonomi, terorisme, Palestina dan juga mengenai konflik yang terjadi di Suriah.

5 Negara Arab yang Bisa Tekuk Lutut Militer Israel dan Selamatkan Palestina

"Saat ini masih banyak masalah yang berasal dari konflik dan peperangan, baik antarnegara maupun dalam negara itu sendiri. Konflik ini juga dicatat oleh Indonesia. Untuk itu OKI akan secara khusus membahas secara efektif mengenai permasalahan dan memberikan solusi terbaik," ujar Arko.

(mus)

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Israel, Mayor Jenderal Yoav Gallant

Israel Sebut Hasil Perang di Gaza Akan Mempengaruhi Timur Tengah Selama Bertahun-tahun

Menteri Pertahanan Israel mengatakan kepada Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan, bahwa hasil perang Israel di Gaza akan berpengaruh di Timur Tengah

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024