TUTUP
TUTUP
DUNIA

Seorang Bayi Lahir dengan Lidah Ukuran Orang Dewasa

Lidah bayi Paisley harus dipotong enam inchi agar ukurannya normal.
Seorang Bayi Lahir dengan Lidah Ukuran Orang Dewasa
Ilustrasi bayi. (REUTERS)

VIVA.co.id – Seorang bayi bernama Paisley Morrison yang lahir di Aberdeen, Dakota Selatan, Amerika Serikat (AS), menderita Beckwith Wiedemann Syndrome (BWS). Sindrom tersebut merupakan kondisi seseorang yang lahir dengan ukuran lidah melebihi ukuran mulutnya.
 
Karena ukuran lidah bayi Paisley itu dua kali lipat dari ukuran normal, menyebabkan sang bayi tidak bisa makan dan terpaksa harus bernafas dengan bantuan alat.
 
BWS akan mempengaruhi satu dari 11 ribu kelahiran. Lidah penderita BWS akan menjulur keluar mulutnya, karena ukurannya yang  melebihi batas normal itu. Dilansir Metro.co.uk, Jumat 14 Oktober 2016, beruntung, nyawa bayi Paisley itu selamat. Ukuran lidah Paisley normal setelah melakukan dua kali operasi pemotongan lidah. Bayi Paisley menjalani operasi saat usianya enam bulan. Saat itu, lidah Paisley dipotong sepanjang dua inchi dan kembali tumbuh.Kini Paislay sudah berusia 16 bulan. 
 
“Lidahnya mengisi seluruh mulutnya, sangat tebal dan menonjol keluar dari mulutnya. Tampak dia memiliki lidah dengan ukuran orang dewasa di dalam mulut bayi,” kata ibu Paisley, Madison Kienow.
 
Kienow mengatakan setelah dioperasi, lidah bayi Paisley tumbuh kembali ke ukuran aslinya. Sang ibu mengaku sangat terganggu dengan kondisi tak normal bayinya tersebut. Operasi kedua pun dijalankan, beruntung setelah operasi kedua tidak ada gelagat lidah Paisley tumbuh kembali. Total lidah Paisley yang dibuang sepanjang enam inci.
 
“Sejak pulih, ia tersenyum untuk pertama kalinya, saya tidak bisa percaya dan terkejut betapa cantiknya gadis kecil itu,” kata Madison.
 
Paisley kini masih dalam dipantau dokter untuk melihat apakah ada risiko lain selain sindrom BWS. Dokter dan orang tua sang bayi berharap, lidah Paisley tidak kembali tumbuh.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP