TUTUP
TUTUP
DUNIA

Indonesia Diminta Permudah Masuknya Produk Dagang Palestina

Ini demi meningkatkan perdagangan produk Palestina ke Indonesia.
Indonesia Diminta Permudah Masuknya Produk Dagang Palestina
Minyak zaitun buatan Palestina. (VIVA.co.id / Renne Kawilarang)

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, kembali menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendukung penguatan kapasitas dan kemerdekaan Palestina. Hal ini dia sampaikan ketika menerima kunjungan Konsul Kehormatan (Konhor) RI untuk Palestina, Maha Abu Shusheh, di Jakarta.

"Kedatangan Konhor Palestina ini dalam konteks delegasi Trade Expo Internasional. Di mana Palestina datang dengan 42 pengusaha yang bergerak di bidang konstruksi, minyak zaitun dan pakaian," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016.

Dalam pertemuan tersebut, Konhor Shusheh secara khusus meminta perhatian Indonesia untuk meningkatkan perdagangan produk dari Palestina ke Indonesia. Beberapa elemen terkait hal ini adalah upaya kerjasama yang bisa dilakukan kedua negara, untuk mempermudah masuknya produk Palestina ke Indonesia.

Selain itu, Palestina mengharapkan investor Indonesia mau menanamkan modal di bidang IT dan agribisnis agar kaum muda lulusan 6 universitas di Palestina bisa tetap tinggal dan bekerja di tanah air mereka.

Lebih banyak kaum muda yang bekerja di tanah Palestina, lebih bagus. Mereka berkeyakinan bahwa tinggal menetap dapat menangkal kebijakan Israel untuk mengusir ataupun mencaplok tanah Palestina. Saat ini, tingkat pengangguran di wilayah Gaza dan Tepi Barat mencapai 40% dan 50%.

Ini adalah kunjungan pertama Konhor Shusheh ke Indonesia, sejak dilantik sebagai Konhor RI pada 13 Maret 2016 lalu di Amman, Yordania.

Menlu Retno menyampaikan bahwa usulan kerja sama dari Palestina akan didalami karena sudah menjadi komitmen Indonesia memberikan bantuan kapasitas bagi warga Palestina, termasuk untuk penguatan perekonomian. Di setiap konferensi internasional mengenai Palestina, Indonesia terus menyuarakan dukungan bagi kemerdekaan Palestina.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP