TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Indonesia Titipkan Harapan pada Sekjen PBB Terpilih

Guterres terpilih jadi Sekjen PBB 1 Januari 2017-31 Desember 2021.
Indonesia Titipkan Harapan pada Sekjen PBB Terpilih
Sekjen PBB terpilih, Antonio Guterres (kiri).  (Reuters/Brendan McDermid)

VIVA.co.id – Antonio Guterres telah terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (Sekjen PBB), untuk periode 1 Januari 2017-31 Desember 2021. Indonesia pun menyambut baik keputusan Majelis Umum PBB tersebut.

"Indonesia menghargai proses pemilihan Sekjen PBB kali ini, yang lebih terbuka, inklusif dan transparan. Sebagai negara yang percaya dan mendukung kerja PBB, Indonesia pun menyampaikan harapannya," tulis keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI, Jumat 14 Oktober 2016.

Dalam hal ini, Indonesia mengharapkan Sekjen PBB yang baru dapat menjalankan tugas dan mandatnya sesuai dengan Piagam PBB, melaksanakan kepemimpinan yang kuat dan imparsial, menempatkan pencegahan konflik sebagai agenda utama PBB di bidang perdamaian dan keamanan, serta mendorong implementasi Agenda 2030, Addis Ababa Action Agenda, dan Paris Climate Agreement. 

"Indonesia juga berharap Sekjen PBB mengadopsi pendekatan baru untuk merespons berbagai krisis kemanusiaan, meningkatkan kualitas pasukan misi pemeliharaan perdamaian PBB dan mendorong reformasi Sekretariat PBB," tulis keterangan pers tersebut.

Selain itu, Indonesia pun menyatakan siap bekerja sama dengan Sekjen PBB baru dalam menjaga perdamaian dan ketertiban dunia yang konsisten dengan UUD 1945.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP