Semua Jemaah Haji Jatim Pulang, 72 Wafat di Tanah Suci

Jemaah haji kloter pertama Debarkasi Surabaya tiba di Tanah Air.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sudah rampung. Untuk Embarkasi/Debarkasi Surabaya, semua jemaah sudah pulang dan sampai di Tanah Air. Kecuali 72 jemaah yang meninggal dunia di Tanah Suci dan dimakamkan di sana.

Pakai Visa Kerja dan Ziarah, 181 WNI Calon Haji Diamankan Aparat Saudi

Pemulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) terakhir untuk Debarkasi Surabaya dilaksanakan pada Sabtu, 15 Oktober 2016. "Kloter terakhir landing di Bandara Juanda pukul satu siang," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Jatim, HM Sakur, dihubungi VIVA.co.id.

Dia menjelaskan, pesawat terbang kloter terakhir tersebut berisi 365 jemaah yang semuanya berasal dari Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sama dengan jumlah jemaah ketika kloter 64 itu diberangkatkan ke Tanah Suci bulan lalu. "Sekarang jemaah proses pemulangan ke daerah," ujar Sakur.

Khutbah Wukuf: Di Arafah, Konglomerat dan Melarat Tak Ada Bedanya

Hingga penyelenggaran haji selesai, lanjut Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya itu, total jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci sebanyak 72 orang. "Satu jemaah dari NTT (Nusa Tenggara Timur), satu orang dari Bali, 70 jemaah asal Jatim," tutur Sakur.

Dia menjelaskan, dibandingkan musim haji tahun lalu, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya. Tidak ada kendala berarti ditemui sehingga mengganggu proses pemberangkatan maupun pemulangan jemaah. "Musim haji tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya," katanya.

Khutbah Wukuf: Cara Menggapai Mabrur di Arafah

Data dihimpun VIVA.co.id menyebutkan, total jemaah haji Embarkasi Surabaya yang berhaji tahun ini sebanyak 28.422 orang. Rinciannya, 28.103 jemaah haji dan 319 petugas haji. Dikurangi 72 jemaah yang wafat di Tanah Suci, jemaah dan petugas yang pulang kembali ke Tanah Air sebanyak 28.350 orang.

Jemaah haji Indonesia di Bandara (ilustrasi)

Jemaah Haji Gugat Kemenag ke Pengadilan, Protes 9 Kali Tak Diberi Makan di Tanah Suci

Seorang jemaah haji di Jawa Timur mengajukan gugatan ke pengadilan sebagai protes atas layanan haji Kemenag. Selama tiga hari, dia mengaku tidak diberi jatah makan-minum.

img_title
VIVA.co.id
23 Agustus 2023