TUTUP
TUTUP
DUNIA

Tren di Arab, Jualan Baju Pakai Truk

Dalal binti Taleb berjualan dengan konsep 'butik berjalan'.
Tren di Arab, Jualan Baju Pakai Truk
Truk mode yang sedang tren di Arab Saudi (Arab News)

VIVA.co.id – Saat ini, model berjualan memakai mobil atau trailer di Arab Saudi sedang ngetren. Dalal binti Taleb, mahasiswi program komputer dari Universitas Raja Saudi, sukses menggunakan keahliannya menciptakan ide bisnis nan inovatif untuk memasarkan produk.

Ide bisnis ini ia namakan 'truk mode' (fashion truck), yakni metode baru pemasaran dengan mengandalkan kendaraan jenis trailer untuk dijadikan 'butik berjalan'.

Artinya, kendaraan ini tidak diam di satu tempat, melainkan bergerak mengantar barang pesanan pembeli ke tempat tujuan.

Dalal sendiri menjual berbagai jenis kebutuhan perempuan sehingga kaum hawa tidak harus meninggalkan rumah hanya untuk belanja kebutuhan mereka.

"Trailer adalah metode yang sangat nyaman untuk berbelanja. Saya menawarkan layanan jual pakaian wanita berkualitas tinggi tetapi dengan harga yang wajar, tanpa harus keluar rumah," kata Dalal, seperti dikutip situs Arabnews, Senin, 17 Oktober 2016.

Ia mengaku telah meluncurkan truk mode ini sejak tiga bulan lalu melalui media sosial. Produk-produk yang dijualnya antara lain pakaian, aksesoris, sepatu, tas dan parfum.

Gandeng usaha kecil

Tak hanya itu, Dalal juga menyajikan jasa bagi mereka yang tidak memiliki alat transportasi seperti penyandang cacat dan lanjut usia.

"Saya mendapat ide ini dari trailer makanan (food truck) yang sedang ngetrend di mana-mana. Trailer ini sering dikunjungi khususnya perempuan. Mudah-mudahan, jenis usaha ini menjadi inspirasi bagi kaum perempuan lainnya," ungkap Dalal.

Selain itu, ide menjual pakaian ini juga terdorong dari desainer Saudi dan beberapa orang yang bergerak di usaha mikro kecil untuk memberikan ruang menampilkan produk dan barang dengan harga nominal.

"Tentu ini ujung-ujungnya memperkenalkan produk mereka ke pasar luas, dan juga membuka pasar tenaga kerja," papar Dalal.

Meski bisnis ini baru saja dijalani, namun ia mengaku puas dengan sambutan konsumen, yang menurutnya, tidak mengecewakan.

"Saya bersyukur karena pembeli puas dengan produk yang saya tawarkan. Kesuksesan saya juga tidak lepas dari jaringan yang saya bina mula dari keluarga, kerabat, saudara, dan teman-teman semua," terang dia.

Ke depan, Dalal mengaku ingin mengembangkan ide bisnisnya dengan membuat trailer untuk aksesoris anak-anak.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP