TUTUP
TUTUP
DUNIA

Siapa Presiden AS Paling Populer?

Meski dipenuhi kisah dengan perempuan, Bill Clinton termasuk populer.
Siapa Presiden AS Paling Populer?
Mantan Presiden AS Bill Clinton, masuk dalam salah satu presiden paling populer di dunia.  (Reuters)

VIVA.co.id – Masyarakat Amerika Serikat pada 8 November 2016 mendatang akan bersama-sama mengikuti pesta demokrasi, untuk memilih Presiden ke-45 yang akan memimpin Amerika selama empat tahun ke depan.

Tahun ini, Hillary Clinton dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik akan berjuang untuk memenangkan hati masyarakat, dengan sederetan visi dan misi mereka yang saat ini sedang diadu. Keduanya berharap bisa menjadi pemimpin Negeri Paman Sam tersebut.

Sebelum sehebat sekarang, Amerika punya sederet pemimpin negara yang punya andil besar dalam memajukan negara superpower ini. Dari 44 orang yang pernah menjadi orang nomor satu di AS, ternyata hanya tujuh presiden yang dianggap paling populer. Seperti dilansir dari InsideGov, berikut daftar 7 Presiden AS yang paling populer di dunia.

1. John F. Kennedy

Kennedy menjabat sebagai presiden AS selama 2,8 tahun. Meskipun ia menjabat selama periode kerusuhan ras dan ketidakstabilan internasional, namun presiden muda dari Massachusetts ini punya karisma dan idealisme yang bisa memenangkan hati publik. Nasibnya tragis, karena tewas ditembak saat masih menjabat

2. Dwight D Eisenhower

Tingkat kepopuleran Eisenhower cukup kuat selama masa jabatan pertamanya. Meskipun popularitasnya terpukul selama periode kedua, namun presiden AS ke-34 ini tetap punya mayoritas masyarakat yang mendukungnya.

3. Ronald Reagan

Sebagai Presiden Amerika ke-40, Reagan adalah salah satu pemimpin Amerika yang paling populer dalam sejarah. Dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan pada 2013 lalu, Reagan mencetak sebagai presiden AS modern terbaik kedua, sesudah John F Kennedy. Ia pernah mengalami masa sulit ketika tahun 1980-an, Amerika berada di tengah-tengah resesi ekonomi.

4. Franklin D Roosevelt

Roosevelt adalah satu-satunya Presiden Amerika yang terpilih sebanyak empat kali pada masa jabatan 1933-1945. Salah satu kesuksesannya adalah memulihkan Amerika dari masa "Depresi Besar" dan Perang Dunia II.

5. George HW Bush

Bush memperoleh popularitas karena fokus terhadap kebijakan luar negerinya. Publik Amerika saat itu sebagian besar mendukung berakhirnya Perang Dingin. Pada akhir kepemimpinannya, Bush juga memperjuangkan percepatan ekonomi.

6. Bill Clinton

Clinton merupakan presiden AS ke-42 yang cukup sukses dalam pemerintahannya. Pada masa kepemimpinannya, tingkat pengangguran dan inflasi AS berada pada titik terendah dalam 30 tahun. Bill merupakan suami dari kandidat presiden AS tahun ini yakni Hillary Clinton. Namun Bill sarat dengan cerita soal perselingkuhan. Paling populer adalah ceritanya dengan Monica Lewinsky.

7. Barack Obama

Presiden AS ke-44, Barack Obama menjabat sebagai presiden dalam situasi negara yang cukup menantang. Saat itu, pasukan AS tengah dikerahkan di Irak dan Afghanistan, sementara ekonomi negara berada dalam resesi penuh.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP