TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

KRI Bimasuci Sambung Sejarah Panjang KRI Dewaruci

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hadir sebagai tamu kehormatan.
KRI Bimasuci Sambung Sejarah Panjang KRI Dewaruci
Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri menghadiri peluncuran KRI Bimasuci. (Miranti Hirschmann)

VIVA.co.id – Kapal layar latih milik TNI Angkatan Laut NB705 atau yang diberi nama Bimasuci diluncurkan di Galangan Kapal Freire, Vigo, Spanyol, oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, Senin, 17 Oktober 2016.
 
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu hadir didampingi Kepala Staf Angkatan Laut RI, Marsekal Madya Ade Supandi. Presiden ke-5 RI, Megawati Sukarnoputri juga hadir dalam peluncuran kapal ini sebagai tamu kehormatan undangan Presiden Freire Shipyard yang mengetahui adanya ikatan emosional kuat antara Megawati dengan KRI Dewaruci.
 
Dalam pidatonya, Menhan menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Feire Shipyard atas keberhasilan melakukan pembangunan KRI Bimasuci.

"Besar harapan kami agar Feire Shipyard mampu menyelesaikan pekerjaan pembuatan kapal latih sesuai dengan jadwal dan kontrak sehingga dapat dioperasikan untuk mendidik calon-calon perwira TNI AL dengan kapal pengganti KRI Dewaruci yang sudah berusia 63 tahun," ujarnya.

Dia mengharapkan kepercayaan yang telah diberikan menjadi momentum kerja sama saling menguntungkan antara kedua negara yang dalam hal itu antara Indonesia dan Spanyol diwakili Kementerian Pertahanan dan Feire Shipyard.

Kerja sama tersebut, katanya, dapat ditingkatkan yang pada akhirnya memperkuat hubungan bilateral kedua negara di bidang pertahanan. Kapal layar ini juga dibangun sebagai penerus kapal latih KRI Dewaruci yang umurnya telah mencapai 63 tahun. Berbeda dengan Dewaruci, Kapal layar latih bertipe Barque dengan tiga tiang utama ini dibangun di galangan kapal Friere, Vigo, Spanyol .
 
Nama KRI Bima Suci, sebagai rangkaian kisah pewayangan Dewaruci, dimana Bima adalah murid Dewaruci di dasar samudera dalam pencarian jati diri. Secara keseluruhan, pembangunan kapal ini diharapkan rampung selama 22 bulan pengerjaan, dan saat ini telah mencapai tahap peluncuran. Kapal ini direncanakan rampung pada pertengahan tahun 2017 dan tiba di tanah air pada Agustus 2017. Kepada VIVA.co.id, Menhan mengatakan harapannya agar kapal baru ini dapat berlayar lebih baik dari Dewaruci.

“Dewaruci sudah berlayar 64 tahun, mudah-mudahan ini bisa berlayar 100 tahun. Dahulu, tidak semua taruna Angkatan Laut dapat ikut karena akomodasinya terbatas. Sekarang bisa semua, bisa akomodasi 200 orang lebih. Dahulu ada perwira tetapi enggak pernah naik Dewaruci. Sekarang dapat tampung satu angkatan,“ katanya.
 
Bagaimana peralihan antara Bima Suci dan Dewaruci, Kepala Staf AL Laksamadya Ade Supandi menegaskan, bila Bimasuci tiba di Indonesia nanti maka Dewaruci akan tetap digunakan untuk pelatihan. Penggantiannya akan dilakukan bertahap. Dewaruci akan digunakan untuk latihan jarak pendek, sementara jarak jauh akan gunakan Bimasuci.
 
Dalam acara peluncuran ini, Nora Ryacudu adalah god mother dari Kapal NB705, yang menggunting pita dan melepaskan botol champagne ke tubuh kapal tersebut sebagai simbol diluncurkannya kapal tersebut. Pukul 17.05 waktu setempat, seluruh kapal baru ini berhasil meluncur dan mengapung dengan sukses di perairan Vigo, ditandai dengan kembang api.

Dubes RI di Madrid Yuli Mumpuni Widarso mengatakan bahwa peluncuran kapal KRI Bima Suci merupakan tanda sejarah memperkuat hubungan bilateral di mana kedua negara Indonesia dan Spanyol adalah dua  negara maritim. Indonesia memiliki luas maritime terbesar di dunia dan Spanyol sebagai negara yang dikenal mempunyai armada laut yang kuat sejak berabad-abad.

Kapal latih tiang tinggi (tall ship) KRI Bima Suci adalah kapal layar kelas Barque, yaitu memiliki 111,20 meter dan lebar 13,65 meter. Jauh lebih besar KRI Dewaruci yang memiliki panjang 58 meter dan 9,5 meter.

Laporan: Miranti Hirschmann/ Spanyol

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP