Pasca Debat Terakhir, Elektabilitas Trump Kembali Turun

Donald Trump dan Hillary Clinton.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id – Debat kandidat terakhir antara Donald Trump dan Hillary Clinton kembali memberi hasil rendah pada Donald Trump. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh CNN menunjukkan elektabilitas Trump semakin melemah.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Diberitakan oleh Reuters, Kamis, 20 Oktober 2016, tak lama usai debat kandidat yang diadakan di University of Nevada, CNN merilis snap poll. Menurut CNN, berdasarkan pantauan penonton, Clinton memenangkan pertarungan dengan perolehan angka hingga 52 persen, sedangkan Trump hanya meraup 39 persen.

Angka ini menegaskan popularitas Trump yang menurun tajam. Kandidat Presiden AS dari Partai Republik ini memang kerap mengeluarkan kalimat yang memancing kemarahan publik. Akibat ucapannya, semakin hari elektabilitas Trump semakin turun.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Sejumlah petinggi Partai Republik bahkan sudah mendeklarasikan bahwa mereka menarik dukungan pada Trump, terutama setelah sebuah video yang direkam pada tahun 2005 beredar, di mana dalam rekaman tersebut terdengar ucapan Trump yang melecehkan perempuan.

Saat debat kandidat terakhir, Kamis pagi, 20 Oktober 2016, saat moderator menanyakan langsung, apakah Trump akan menerima jika Hillary memenangkan pertarungan pilpres pada 8 November mendatang, Trump menjawab, “saya akan membuat anda terus merasa tegang.” Jawaban Trump segera dikomentari Hillary sebagai jawaban yang “mengerikan.”

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

“Ia sedang berbicara dengan merendahkan demokrasi kita,” ujar Hillary. (ase)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022