21-10-1967: 100 Ribu Warga AS Protes Perang Vietnam

Demo Anti Perang Vietnam.
Sumber :
  • www.news.cornell.edu

VIVA.co.id – Hari ini 49 tahun silam. Sekitar 100 ribu orang berkumpul di ibu kota Amerika Serikat, Washington DC, untuk memprotes keterlibatan AS dalam Perang Vietnam.

Sederet Seleb Hollywood Rayakan Kemenangan Joe Biden

Sementara itu, lebih dari 50 ribu demonstran melakukan long-march menuju kantor Departemen Pertahanan (Pentagon) untuk meminta diakhirinya konflik.

Mengutip situs History, protes ini merupakan salah satu bukti paling dramatis mengenai memudarnya dukungan terhadap pemerintahan Presiden Lyndon B. Johnson di Vietnam.

Seberapa Besar Kekuasaan Presiden Amerika Serikat?

Jajak pendapat yang dilakukan pada musim panas 1967 itu mengungkapkan, untuk pertama kalinya, dukungan Paman Sam terhadap perang saudara itu jatuh di bawah 50 persen.

Terlebih, ketika pemerintahan Johnson mengumumkan kenaikan pajak sebesar 10 persen untuk mendanai perang, skeptisme publik kian meningkat.

Masih Idap COVID-19, Dokter Rutin Cek Tanda Vital Donald Trump

Gerakan demonstrasi damai makin terlihat untuk secepatnya mengakhiri perang yang memakan korban begitu banyak prajurit AS.

Pemerintahan Johnson menanggapi dengan meluncurkan kampanye propaganda yang bertujuan mengembalikan kepercayaan publik dalam penanganan perang.

Tak hanya itu, Johnson bahkan sampai memanggil Jenderal William Westmoreland, Komandan Pasukan AS di Vietnam, untuk 'pulang kampung' guna mengatasi makin banyaknya protes publik.

Upaya ini cukup berhasil mengurangi kritik atas perang. Namun, hal ini ibarat gunung es. Sebab, pada awal 1968, isu Perang Vietnam justru menjadi bumerang dan menghancurkan kredibilitas pemerintahan Johnson.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya